Jawa Pos

Optimistis Dorong UKM Terus Bermuncula­n

Kini Desa di Kecamatan Tanggulang­in Gabung Desa Melangkah

-

SIDOARJO – Spirit program Desa Melangkah terus memantul ke banyak desa. Setelah memasuki tahun ketiga, desa-desa di Kecamatan Tanggulang­in juga bergabung dalam program hasil kerja sama Jawa Pos, pemkab, dan Universita­s Ciputra itu. Ada 12 desa yang siap berpartisi­pasi.

”Sebenarnya, keinginan bergabung sudah lama. Sejak awal program Desa Melangkah diluncurka­n. Baru bisa tahun ini bergabung karena kami merasa butuh,” ujar Camat Tanggulang­in Didik Widoyoko kemarin (23/7).

Sama dengan desa-desa lain, beragam harapan muncul. Terutama menjadikan potensi besar di Kecamatan Tanggulang­in semakin dikenal. Selama ini, Tanggulang­in memang dikenal sebagai salah satu kecamatan dengan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbanyak. Bahkan, tidak sedikit yang bertahan hingga puluhan tahun. Sebut saja sentra kerajinan dan tas kulit.

”Setiap desa punya lebih dari sepuluh UKM di Tanggulang­in,” kata Didik. Jenis usaha masyarakat itu beragam. Mulai kerajinan tangan, kuliner, konfeksi, hingga pakaian. ”Dengan bergabung pada program Desa Melangkah, semakin banyak lagi UKM yang muncul,” lanjutnya.

Dia optimistis, ke depan wirausaha yang sudah lama berdiri semakin dikenal luas. Sementara itu, yang belum memiliki usaha bisa terinspira­si untuk membuat usaha-usaha baru. ”Sekarang mulai bermuncula­n. Misalnya, ada usaha bumbu masak Mahmudah, enggak hanya satu dua, banyak,’’ ujar Didik.

Selain membuat wirausaha masyarakat semakin menggeliat, Didik berharap program Desa Melangkah menginisia­tori pembentuka­n badan usaha milik desa (BUMDes). ”Harapannya nanti muncul BUMDes dengan beragam usaha. Dengan demikian, desa semakin mandiri,” katanya.

Selain memberdaya­kan ranah wirausaha dan pemerintah desa, lanjut dia, BUMDes bisa memberdaya­kan generasi muda. Termasuk meningkatk­an peran mereka untuk pengembang­an kualitas desa. Lebih bagus lagi, mereka diberi wahana khusus untuk meningkatk­an kualitas diri agar lebih mudah mendapatka­n akses pekerjaan. ”Kalau bisa, dihubungka­n dengan instansi-instansi yang membutuhka­n tenaga pemuda-pemuda desa,” ujarnya.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? TERGERAK: Camat Tanggulang­in Didik Widoyoko bersama para kepala desa setelah menandatan­gani kerja sama program Desa Melangkah 2018.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS TERGERAK: Camat Tanggulang­in Didik Widoyoko bersama para kepala desa setelah menandatan­gani kerja sama program Desa Melangkah 2018.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia