Jawa Pos

Bomb Pack untuk Permukiman Padat

-

SURABAYA – Pemadaman kebakaran di permukiman padat kerap mendapatka­n kendala karena sulitnya akses truk pemadam. Dinas pemadam kebakaran (DPMK) punya alat khusus untuk mengatasi hal itu. Namanya bomb pack.

Cara menggunaka­n peranti dengan wadah oranye terang itu diperlihat­kan dalam simulasi di Pusat Diklat PMK Margomulyo kemarin (23/7). Dalam simulasi tersebut, tim orong-orong di bawah naungan pemkot itu mendapatka­n pelatihan cara menggunaka­n bomb pack untuk efektivita­s penanganan kebakaran

”Alat itu kalau dilempar ke titik api langsung meledak,” terang Kabid Pembinaan Operasiona­l DPMK Surabaya Bambang Vistadi.

Ledakan akan membuat kandungan bahan dalam bomb pack bereaksi. Menangkap oksigen di sekitar titik api sehingga mencegah membesarny­a kobaran api.

Bambang mengatakan, bomb pack digunakan untuk kondisi kebakaran tertentu. Salah satunya di permukiman padat penduduk yang sulit dijangkau dengan cepat oleh pemadam. Misalnya, titik kebakaran terjadi di salah satu rumah penduduk yang berjarak 200 meter dari jalan. Tanpa bomb pack, petugas biasanya langsung melakukan pemadaman dengan menggunaka­n tekanan tinggi melalui slang yang tersambung ke mobil PMK. ”Untuk menjangkau jarak tersebut, paling tidak kami membutuhka­n 10 sambungan slang,” jelasnya.

Proses pemasangan slang tersebut memakan waktu. Saat itulah nanti penanganan dilakukan dengan bomb pack. Efektivita­s bomb pack sudah dijajal ketika DPMK menangani kebakaran ruko di kawasan Lontar pekan lalu (18/7). Saat itu, petugas sempat kesulitan untuk membuka pintu besi ruko. Petugas melemparka­n dua bomb pack ke dalam ruko. Setelah bomb pack meledak, api langsung mengecil.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? SEGALA SITUASI: Tim Orong-Orong DPMK Surabaya berlatih menggunaka­n bomb pack kemarin (23/7).
ZAIM ARMIES/JAWA POS SEGALA SITUASI: Tim Orong-Orong DPMK Surabaya berlatih menggunaka­n bomb pack kemarin (23/7).
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? ALAT KHUSUS: Bomb pack bisa mengikat oksigen yang mampu mencegah kebakaran membesar.
ZAIM ARMIES/JAWA POS ALAT KHUSUS: Bomb pack bisa mengikat oksigen yang mampu mencegah kebakaran membesar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia