Jawa Pos

Mayoritas Wajah Lama Nyaleg Lagi

Besok Pendaftara­n Sudah Ditutup

-

SIDOARJO – Masa pendaftara­n bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sidoarjo ditutup besok (17/7). Belum semua parpol mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, bisa dipastikan, mayoritas anggota dewan incumbent mendaftar lagi.

Di PKB, misalnya, seluruh anggota dewan yang saat ini duduk di kursi DPRD Sidoarjo kembali didaftarka­n sebagai caleg pada Pemilu 2019. ’’Ya, 13 anggota dewan PKB mendaftar semua,’’ ungkap Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih kemarin (15/7).

Menurut Nasih, pimpinan partai memang mewajibkan anggota dewan dari PKB kembali mendaftar. Alasannya, mereka sudah memiliki jaringan kuat. Dengan demikian, kapasitasn­ya sudah tidak diragukan lagi. Namun, meski statusnya sebagai anggota dewan, PKB tidak memberikan keistimewa­an. Mereka tetap menjalani serangkaia­n tes. ’’Dapilnya juga bersaing,’’ jelasnya.

Sama halnya dengan PDIP. Bakal caleg partai berlambang banteng moncong putih itu juga bakal diisi wajah-wajah lama. Totalnya, ada delapan orang. Di antaranya, Ketua Fraksi PDIP Tarkit Erdianto, Wakil Ketua DPRD Taufik Hidayat Tri Yudono, Sekretaris Fraksi PDIP Wisnu Pradono, dan anggota FPDIP Sudjalil.

Menurut Erdianto, PDIP memang mengusung kekuatan lama. Harapannya, bisa mendongkra­k suara partai. Dia pun mematok target dalam pemilu nanti partainya mampu meraup lebih dari tujuh kursi. ’’Kami optimistis,’’ tegas pria yang juga menjadi bendahara DPC PDIP Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, untuk PAN, di antara tujuh anggota DPRD, enam orang kembali mendaftar. Satu anggota dewan dipastikan Kusman Aditya Nindyatman Mulyono

Ali Masykuri GNeűZe[PNb Umi Kaddah mencalonka­n diri sebagai bakal caleg di DPRD provinsi. Yakni, Khulaim Junaedi.

Menurut Sekretaris DPD PAN Sidoarjo Emir Firdaus, bakal caleg PAN berasal dari beragam golongan. ’’Yang terpenting kapasitas calegnya,’’ tuturnya.

Emir menambahka­n, anggota dewan dari PAN memang kembali mendaftar. Muka-muka lama itu akan bersinergi dengan bakal caleg baru. ’’Sehingga partai bisa mendapatka­n suara besar,’’ lanjutnya.

Setali tiga uang, bakal caleg dari Partai Demokrat masih diisi wajah lama. Namun, di antara empat anggota DPRD, hanya dua orang yang mencalonka­n lagi. Yakni, Ketua Fraksi sekaligus Ketua DPC Demokrat Sidoarjo Juana Sari dan anggotanya, Mohammad Agil Effendi. ’’Dua kader Demokrat tidak ikut. Yakni, Enny Suryani dan Luluk Lelarosana­wati. Alasannya ingin istirahat dari partai,’’ kata Juan Sari.

Sementara itu, hingga kemarin (15/7) baru beberapa parpol yang mendaftark­an bakal calegnya. Di antaranya, Partai Hanura dan Golkar. Di Kota Delta ada 16 parpol. Yakni, PKB, PDIP, PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PPP, Nasdem, dan PBB. Selain itu, ada Hanura, PKPI, Garuda, Berkarya, Perindo, dan PSI. Nah, bisa jadi mulai hari ini (16/7) parpolparp­ol tersebut berombonga­n mendaftark­an diri para bakal calegnya sebelum pendaftara­n ditutup besok.

 ?? ISTIMEWA ?? HILANG JEJAK: Iftitah Rizky Ramadhani, anak pasutri Amirullah Alamin dan Sri Mandayati, hilang sejak Jumat (13/7). Foto kanan, Eko Ariyanto yang mengajak pergi Iftitah.
ISTIMEWA HILANG JEJAK: Iftitah Rizky Ramadhani, anak pasutri Amirullah Alamin dan Sri Mandayati, hilang sejak Jumat (13/7). Foto kanan, Eko Ariyanto yang mengajak pergi Iftitah.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia