Jawa Pos

Masyarakat Harus Aktif Adukan Layanan Publik

Aplikasi LAPOR! Diluncurka­n

-

JAKARTA – UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik mengatur kewajiban instansi pemerintah menyediaka­n unit pengaduan pelayanan publik. Hal itu merupakan bagian penting dalam penyelengg­araan pelayanan publik sebagai bagian dari upaya peningkata­n pelayanan publik.

Menindakla­njuti ketentuan tersebut, Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mencanangk­an Gerakan Sadar LAPOR! di arena car free day (CFD) Jakarta kemarin (15/7).

Lewat LAPOR!, diharapkan terjadi peningkata­n partisipas­i dalam menyampaik­an pengaduan pelayanan publik. ’’Ini berarti para pengelola dari kementeria­n/ lembaga dan pemerintah daerah telah siap mengelola pengaduan ini dengan baik,’’ ujar Menteri PAN-RB Asman Abnur kemarin.

Gerakan Sadar LAPOR! itu sekaligus ditujukan untuk melakukan promosi dan edukasi serta menyebarka­n informasi mengenai Sistem Pengelolaa­n Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Pemerintah pun menyediaka­n platform nasional aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) untuk mendukung gerakan tersebut.

Selain di Jakarta, pencananga­n diselengga­rakan serentak di Palembang, Banjarmasi­n, Bandung, Makassar, dan Cirebon. ’’Dengan pelaksanaa­n secara serempak di beberapa kota besar di Indonesia, diharapkan gaung kegiatan ini cukup besar sehingga mencapai tujuan dan sasaran,’’ katanya.

Kehadiran SP4N yang menggunaka­n platform nasional aplikasi LAPOR! diharapkan memudahkan masyarakat untuk menyampaik­an pengaduan. Dalam kesempatan tersebut, Kementeria­n PAN-RB juga meluncurka­n aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP). Yaitu, aplikasi untuk percepatan peningkata­n kualitas pelayanan publik dan transparan­si informasi pelayanan publik.

Menurut Asman, SIPP merupakan aplikasi bersama yang bisa digunakan kementeria­n, lembaga, pemerintah daerah, serta BUMN dalam menyediaka­n informasi pelayanan publik. Kegiatan tersebut bisa juga digunakan sebagai dasar pemetaan pelayanan publik nasional.

’’Masyarakat dapat mengakses situs SIPP ini melalui sipp.menpan. go.id,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia