Jawa Pos

Duta Jazz AS Tampil Memukau di Banyuwangi

-

BANYUWANGI semakin akrab dengan musik jazz. Selain memiliki festival tahunan Banyuwangi Beach Jazz Festival, daerah di ujung Pulau Jawa itu semakin banyak dikunjungi musisi-musisi jazz dari berbagai negara. Yang terbaru adalah konser duta musik jazz

(jazz ambassador) Amerika Serikat, Gabrielle Stavelli, di Hotel El-Royale Jumat (13/7) lalu.

Konser yang diinisiasi Kementeria­n Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tersebut berlangsun­g memukau. Suasana semakin meriah dengan kehadiran para pencinta musik jazz dan guru seni di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut. Pola interaksi dua arah yang dilakukan Stavelli dalam bermusik juga membuat suasana semakin hangat.

Suasana semakin asyik ketika Stavelli membawakan lagu asal Banyuwangi, Impen-Impenen, berkolabor­asi dengan pesinden muda Dewi. Dengan diiringi pemusik sanggar seni Larasati asal Kecamatan Singojuruh, mereka membawakan

Impen-impenen dalam dua bahasa. Yaitu Osing (bahasa lokal Banyuwangi) dan Inggris. Stavelli pun menyampaik­an niatnya membawakan lagu itu saat tampil di New York, AS.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih dengan kehadiran jazz ambassador AS itu di Banyuwangi. ”Kehadiran musisi dunia menunjukka­n bahwa musik bisa menjadi jembatan akulturasi budaya yang baik,” ujarnya.

Kesan positif juga sangat dirasakan Stavelli. ”Ini adalah pertukaran budaya. Kami juga belajar musik tradisiona­l Banyuwangi. Makanya kami kawinkan musik jazz dengan musik etnik Banyuwangi,” kata Stavelli.

Selama di Indonesia, musisi jazz kenamaan itu hanya tampil di tiga kota. Yaitu Jakarta, Surabaya, dan Banyuwangi. Sebelum konser, Stavelli juga memberikan workshop yang diikuti puluhan guru seni dan pencinta musik jazz di Banyuwangi.

Sementara itu, di Banyuwangi kini sudah banyak terwujud inisiatif seni yang memadukan musik lokal dengan jazz. Di antaranya terlihat di kelompok Jazz Patrol di Kampung Temenggung­an. Lokasi tersebut kerap dikunjungi musisi berbagai negara untuk tampil bersama di sudut-sudut kampung.

 ?? PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS ??
PEMKAB BANYUWANGI FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia