Jawa Pos

Sabar Promosi dan Edukasi

-

MESKI tergolong produk handmade

unik yang memadukan bahan baku kulit sapi dan batik, pemasaran produk Arvie Goods tidak langsung mulus. Trio ownernya sempat mengalami kesulitan. Mulai produk yang dijual tidak laku hingga dipandang sebelah mata oleh konsumen.

Salah satu faktor penyebabny­a, banyak konsumen yang belum mengerti keistimewa­an produk tersebut. Karena itu, mereka mau tidak mau harus sabar mengedukas­i pasar. ’’Saat itu kami terus agresif promosi di media sosial. Kami tetap gencar tawarkan ke teman-teman dari mulut ke mulut,’’ tutur Irwin. ’’Branding

tersebut sangat penting dalam sebuah bisnis. Jadi, tidak perlu malu melakukan promosi,’’ tambahnya.

Arvie Goods memanfaatk­an lini online dan offline sebagaiman­a para pelaku usaha saat ini. Untuk pemasaran online, antara lain, lewat website, Instagram, dan marketplac­e Qlapa. Tidak heran jika pelanggan Arvie Goods tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Sementara itu, untuk pemasaran offline, Irwin dan rekan-rekannya telah bekerja sama dengan sebuah kafe di Surabaya untuk menitipkan produknya. ’’Kami bersyukur responsnya bagus. Sebagian besar customer kami adalah anak muda,’’ jelas Irwin.

Untuk terus meningkatk­an branding Arvie Goods, tiga pemuda itu sering mengadakan workshop di Surabaya. Di sana mereka sharing dengan peserta tentang bagaimana tip-tip membuat produk dari kulit. ’’Selain berbagi ilmu, hal itu sebagai bentuk promosi kami sebenarnya. Alhamdulil­lah antusiasme yang mendaftar pada workshop kami selalu banyak,’’ ungkap Kuncoro.

Saat ini Arvie Goods memiliki tim yang beranggota lima orang. Mereka selalu memperhati­kan kualitas produk agar tidak ditinggal pasar. Jika kualitas sebuah produk selalu terjaga, otomatis menumbuhka­n kepuasan pelanggan. ’’Karena itu, dalam membuat produk-produk Arvie, kami selalu menggunaka­n hati agar hasilnya maksimal,’’ tutur Kuncoro. Juga, harus didukung inovasiino­vasi baru agar mampu tampil beda dengan kompetitor.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MEMADUKAN BUDAYA NUSANTARA: Irwin Santoso Soegiharto (kiri) dan Septiana Trikuncoro menunjukka­n dompet produk Arvie Goods. Bersama Satria Aditama, mereka merintis usaha produk kulit sejak 2016.
FRIZAL/JAWA POS MEMADUKAN BUDAYA NUSANTARA: Irwin Santoso Soegiharto (kiri) dan Septiana Trikuncoro menunjukka­n dompet produk Arvie Goods. Bersama Satria Aditama, mereka merintis usaha produk kulit sejak 2016.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia