Jawa Pos

Arus Balik Mulai Terlihat

Stasiun Pasar Turi dan Jembatan Suramadu Ramai

-

SURABAYA – Stasiun Pasar Turi mulai dipadati penumpang arus balik Lebaran. Pada pukul 09.30 kemarin (18/6), penumpang yang berangkat atau naik kereta mencapai 4.100 orang. Adapun penumpang yang turun atau tiba mencapai 4.800 orang.

Kepala Stasiun Pasar Turi Nurtain mengatakan, jumlah itu terus bertambah hingga malam. Menurut dia, dalam dua hari terakhir, lebih banyak penumpang kereta api yang turun alias datang. Pada Minggu (17/6), tercatat penumpang yang datang sebanyak 5.093 orang. Sedangkan penumpang yang berangkat mencapai 4.793 orang. ”Biasanya penumpang yang naik atau berangkat lebih banyak, tapi ini kebalikann­ya,” katanya.

Pada Jumat (15/6), jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Pasar Turi mencapai 5.563 orang. Jumlah itu lebih besar daripada jumlah penumpang yang turun, yakni 3.653 orang. Hal serupa terjadi Sabtu (16/6). Jumlah penumpang yang naik mencapai 5.798 orang. Sedangkan jumlah penumpang yang turun 4.689 orang.

Nurtain menyebutka­n, tujuan penumpang yang berangkat biasanya Jakarta. Mereka kembali bekerja atau beraktivit­as di kotakota besar seperti Jakarta. Karena itu, biasanya lebih banyak penumpang yang berangkat. Namun, pada Minggu, jumlah penumpang yang turun atau tiba di Stasiun Pasar Turi justru lebih banyak.

Selain warga Surabaya yang kembali ke Kota Pahlawan, banyaknya penumpang yang tiba tersebut bisa diwaspadai sebagai pendatang. Sebab, menurut Nurtain, merujuk data stasiunsta­siun lain seperti yang berada di Lamongan, Sidoarjo, dan sebagainya, jumlah penumpang yang berangkat justru lebih banyak. ”Banyak yang berangkat ke kota besar,” katanya.

Karena itu, tidak tertutup kemungkina­n Surabaya juga menjadi daerah jujukan pendatang. Apalagi, pembanguna­n di Surabaya juga sangat besar, baik secara infrastruk­tur maupun perekonomi­an. ”Saya rasa, itu juga terjadi karena daya tarik kota,” ujarnya.

Selain itu, musim libur Lebaran masih luang. Juga belum banyak orang yang kembali bekerja. Karena itu, peluang masyarakat luar Surabaya untuk berlibur ke Surabaya juga cukup besar. ”Yang pasti, tiket kereta habis, terutama di stasiun-stasiun antara,” terangnya. Secara kumulatif, menurut dia, jumlah penumpang di Stasiun Pasar Turi mengalami kenaikan hingga 5 persen.

Arus penumpang Lebaran di Stasiun Pasar Turi dipantau sejak 5 hingga 26 Juni mendatang. Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Turi tercatat pada H-3 Lebaran atau Rabu (13/6). Kala itu jumlah penumpang yang berangkat mencapai 7.211 orang.

 ?? AHMAD HUSAINI/JAWA POS ?? BALIK AWAL: Jembatan Suramadu arah Surabaya lebih dipadati kendaraan jika dibandingk­an dengan tujuan Madura.
AHMAD HUSAINI/JAWA POS BALIK AWAL: Jembatan Suramadu arah Surabaya lebih dipadati kendaraan jika dibandingk­an dengan tujuan Madura.
 ?? PUJI TYAS/JAWA POS ?? NAIK: Penumpang yang datang ke Stasiun Pasar
Turi lebih banyak jika dibandingk­an dengan yang berangkat.
PUJI TYAS/JAWA POS NAIK: Penumpang yang datang ke Stasiun Pasar Turi lebih banyak jika dibandingk­an dengan yang berangkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia