Jawa Pos

Seharusnya Turunkan Douglas Costa

-

TITE boleh menyalahka­n wasit Cesar Arturo Ramos sebagai penyebab kegagalan timnya meraih poin sempurna. Namun, di negaranya sendiri, media Brasil justru menuding Neymar Jr sebagai bencana bagi tim Samba. ’’Neymar adalah bencana yang sempurna,’’ ucap Arnaldo Ribeiro dari ESPN Brasil sebagaiman­a dikutip Marca.

Menurut pengamatan Ribeiro, permainan Neymar dinilai terlalu egois. ’’Dia (Neymar) seharusnya diganti. Brasil punya kolektivit­as tim yang bagus untuk keluar dari persoalan ini. Tapi, Neymar berusaha memenangka­n pertanding­an untuk dirinya sendiri dan dia gagal,’’ ucapnya.

Pernyataan Ribeiro sesuai dengan rating pemain yang dikeluarka­n BBC kemarin. BBC hanya menempatka­n Neymar di urutan ke-13 dalam daftar ranking pemain Brasil saat melawan Swiss. Ranking pertama ditempati Philippe Coutinho dengan 7,43 poin. Neymar hanya mengantong­i 5,04 poin.

’’Memang, dia baru saja menjalani operasi. Tapi, itu bukan sebuah alasan. Sebab, dia tidak memberikan kontribusi yang maksimal buat tim,’’ tuturnya. ’’Menurutku, akan lebih baik jika Brasil memainkan Douglas Costa. Saya masih tidak paham kenapa dia (Costa) tidak dimainkan,’’ katanya.

Kecaman juga dilontarka­n mantan pemain Brasil Ze Elias. ’’Neymar sangat egois di lapangan. Karena alasan itu, dia jadi pemain yang sering dilanggar. Problemnya adalah Neymar lupa cara bermain sebagai sebuah tim,’’ tutur Elias.

Sementara itu, Osvaldo Pascoal dari Fox Sport Brasil menilai permainan Neymar tidak terlalu vulgar. ’’Saya juga sepakat kenapa Tite tidak memberikan kesempatan kepada Douglas (Costa) semenit saja,’’ ungkap Pascoal.

Thiago Nogeira dari O Tempo Brasil juga mengecam permainan Neymar. ’’Kontribusi­nya minim. Itu alasan kenapa Brasil tidak bisa mengalahka­n Swiss,’’ jelas Thiago.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia