Jawa Pos

Berbagi Takjil sambil Buka Bersama

Event Rutin saat Ramadan Tiba

-

SURABAYA – Momen Ramadan kerap digunakan masyarakat untuk berbagi kebahagiaa­n. Misalnya membagikan takjil atau menghelat bakti sosial. Ajang itu pun tidak jarang dibarengi dengan reuni kecil-kecilan.

Itu dilakukan alumni SMA Negeri 7 kemarin sore (19/5). Sekitar 50 alumni SMA Negeri 7 angkatan 1979 membagikan nasi kotak untuk berbuka kepada masyarakat di sekitar sekolah yang terletak di Ngaglik tersebut. ’’Kami utamakan yang jualan di sekitar sini, baru yang berkendara,’’ ungkap Rosida, ketua alumni angkatan 1979. Bagi Rosida, reuni bukan hanya ajang bersilatur­ahmi. Tetapi juga untuk berbagi rezeki dengan masyarakat sekitar.

Ada 300 kotak yang dibagikan saat itu. ’’Kami memang pilih nasi kotak, bukan takjil, karena tidak tahu penerimany­a sempat atau tidak untuk beli nasi,’’ jelas Rosida. Rencana reuni sambil berbagi itu memang baru kali pertama dilakukan. ’’Pilih di sekolah dulu, nanti baru ke daerah yang lain berbaginya,’’ ucap Bambang Rudianto, salah seorang alumnus angkatan 1979.

Rudi, sapaan Bambang, menjelaska­n, selanjutny­a berbagi makanan berbuka tersebut dilakukan di daerah yang lain juga. ’’Nanti di Surabaya Utara, Barat, dan lain-lain,’’ tambahnya.

Ajang silaturahm­i dengan teman-teman lama juga dilakukan John Robert Powers pada Jumat malam (18/5). Bertempat di markas mereka di Embong Kemiri, ajang tahunan itu mengundang kolega dan rekan-rekan terdekat sekolah kepribadia­n yang dipimpin Indayati Oetomo tersebut. ’’Ajang pertemuan ini bukan sekadar menjalin silaturahm­i. Ini juga menunjukka­n kalau kita, meski berbeda, bisa berteman dan bersahabat,’’ ujar Indayati dalam sambutanny­a. Dalam acara tersebut juga diundang Ustad Ahmad Jufri Ubaid untuk memberikan siraman rohani sebelum waktu berbuka dimulai.

Sementara itu, alumni SMAN 4 angkatan 1982 juga bertemu untuk berbagi takjil. Sebanyak 500 kotak takjil dibagikan di depan pintu gerbang SMAN 4 Surabaya kemarin sore (19/5).

’’Ini sudah masuk tahun keempat untuk kegiatan bagi takjil,’’ ujar Wiwit Hidayat, salah seorang pengurus alumni. Alumnus Magister Sosial Politik UPN itu mengungkap­kan, tahun lalu mereka bahkan membagikan takjil setiap hari hingga sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun, untuk tahun ini, Wiwit dan teman-temannya membagikan takjil empat kali. Tidak hanya di depan SMAN 4, tetapi juga di beberapa titik yang padat pengendara.

Setelah membagikan takjil, mereka lantas menjalin keakraban dengan buka puasa bersama di D’Jawa Resto. Wiwit menuturkan, teman-temannya satu angkatan itu terbilang solid dan kompak. Hal itu terbukti dari konsistens­i mereka mengadakan reuni setahun sekali. ’’Kalau reuni akbarnya dua tahun sekali. Banyak banget yang datang kalau pas itu, termasuk yang ada di luar kota juga ikut,’’ papar Kabag TU Fakultas Ilmu Komputer UPN tersebut.

’’Moto kami itu seduluran saklawase. Setelah bagi takjil dan buka bersama, nanti setelah Lebaran kami ngumpul lagi buat halalbihal­al,’’ imbuhnya.

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? SAMBUT RAMADAN: Seorang alumnus SMAN 7 Surabaya membagikan nasi kotak kepada warga sekitar sekolah kemarin (19/5).
RETNO DYAH/JAWA POS SAMBUT RAMADAN: Seorang alumnus SMAN 7 Surabaya membagikan nasi kotak kepada warga sekitar sekolah kemarin (19/5).
 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? TETAP BERTEMAN: Sebagian alumnus SMAN 4 Surabaya berfoto bersama usai membagikan takjil dan berbuka puasa di D’Jawa Resto kemarin.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS TETAP BERTEMAN: Sebagian alumnus SMAN 4 Surabaya berfoto bersama usai membagikan takjil dan berbuka puasa di D’Jawa Resto kemarin.
 ?? SHINTIA/JAWA POS ?? KEGIATAN RUTIN: Staf John Robert Powers melantunka­n lagu Ramadan Tiba dalam acara buka puasa bersama pada Jumat malam (18/5).
SHINTIA/JAWA POS KEGIATAN RUTIN: Staf John Robert Powers melantunka­n lagu Ramadan Tiba dalam acara buka puasa bersama pada Jumat malam (18/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia