Jawa Pos

Operasi Jalan Kenari Tunggu Sertifikat BPN

-

SURABAYA – Pemkot segera mengaktifk­an Jalan Kenari. Jalan tersebut akan menjadi alternatif menuju Jalan Gubernur Suryo. Pengendara dari arah Jalan Tunjungan nanti bisa langsung ke Jalan Simpang Dukuh.

Kepala Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan, saat ini seluruh pihak sudah sepakat dengan pembukaan jalan itu. Antara BPBT, dinas PU bina marga, dan PT Sentra Tunjungan Perkasa (STP) sudah menandatan­gani kesepakata­n luas jalan.

Jalan sepanjang 95 meter itu juga sudah diukur Badan Pertanahan Nasional (BPN). Setelah diukur, luas aset milik pemkot tersebut mencapai 2.050 meter persegi. ’’Saat ini pemkot tinggal menunggu sertifikat tanah dari BPN,’’ katanya.

Sebelum dioperasik­an, pemkot bakal menyesuaik­an kondisi Jalan Kenari. Salah satunya, meninggika­n Jalan Kenari agar sejajar dengan Jalan Tunjungan. Saat ini Jalan Kenari memang lebih rendah daripada Jalan Tunjungan. Perbedaan ketinggian itu terjadi karena antara Jalan Kenari dan Jalan Tunjungan dipisahkan trotoar.

Selain itu, pemkot akan memperleba­r akses di Jalan Kenari. Dari pantauan Jawa Pos kemarin (19/5), bagian selatan Jalan Kenari memang masih ditutup pagar seng. ’’Pembatas itu nanti dirapikan,’’ jelasnya.

Sebelum dibuka kembali sebagai jalan umum, Jalan Kenari memang sempat menuai polemik. Khususnya antara pemkot dan PT STP. Prosesnya hingga bertahunta­hun. Sengketa tersebut baru bisa diselesaik­an melalui Kejati Jatim awal tahun ini.

Sekretaris Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya AA Gde Dwija Wardhana mengatakan, terkait dengan Jalan Kenari, pihaknya telah berkoordin­asi dengan beberapa SKPD. Dishub juga telah menguji coba pembukaan jalur di jalan tersebut.

Dari arah Jalan Tunjungan, dishub telah memasang rambu kuning. Rambu itu bergambar jalan simpang. Bertulisan ke Jalan Simpang Dukuh lewat Jalan Kenari.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? JALAN TEMBUSAN: Seorang pengendara sepeda motor melintas di Jalan Kenari kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS JALAN TEMBUSAN: Seorang pengendara sepeda motor melintas di Jalan Kenari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia