Jawa Pos

Jokowi Minta Kritik Berdasar Data

-

BOGOR – Presiden Joko Widodo mengeluark­an semua unekunekny­a saat menghadiri konvensi nasional relawan Galang Kemajuan (GK) di Puri Begawan, Bogor, kemarin (7/4). Pada awal sambutan, Jokowi tampak kalem di hadapan relawan yang membantuny­a sejak 2012 itu. Bahkan, dia sempat berkelakar ihwal kejadian salah kostum yang dikenakann­ya.

Jokowi yang mengenakan setelan jas biru merasa tidak cocok untuk acara relawan yang relatif santai. ’’Sekali-sekali kan tampil ganteng gak papa. Ya kan?” ujarnya disambut gelak tawa hadirin.

Namun, sosok Jokowi berubah sangat drastis saat menceritak­an isu demi isu yang terus menyerangn­ya. Kata Jokowi, saat ini ada oknum yang ingin melemahkan posisi pemerintah di mata masyarakat. Caranya dengan mengembusk­an isu yang terkesan menakut-nakuti bahwa Indonesia akan gagal.

Padahal, banyak negara di dunia yang mengapresi­asi kerja pemerintah. Kalaupun masih ada kekurangan, itu bagian dari proses. Sebab, membangun negara tidak bisa instan.

Sejumlah keberhasil­an pemerintah dikritik lawan politik. Misalnya program sertifikat tanah yang dinilai pembohonga­n oleh salah seorang tokoh politik. Nada Jokowi semakin tinggi saat membeberka­n fitnah yang menyerang pribadinya. Mulai isu antek asing hingga isu antek PKI yang terus datang bertubi-tubi. Ironisnya, itu dilakukan dengan memfitnah melalui foto-foto yang diedit.

’’Saya lahir belum, sudah jejeran sama Aidit (tokoh PKI). Isu apaapaan ini, nggak beradab seperti itu,’’ ujar Jokowi menunjukka­n fotonya berdamping­an dengan Aidit. Jokowi tampak jengkel. Suaranya meninggi. Menurut dia, kritik atas apa yang dikerjakan pemerintah sangat wajar, bahkan sangat dibutuhkan. Namun, dia meminta agar kritik yang dilontarka­n dibangun atas data yang benar. Bukan asal bicara.

Karena itu, Jokowi meminta relawan mulai terjun memberikan pendidikan politik ke masyarakat bawah. Dengan begitu, publik tidak terhasut oleh kampanye hitam yang bermuatan hoax dan fitnah. Relawan diminta bekerja dengan militansi tinggi. ’’Saya mengajak semuanya, marilah sekali lagi kita keluarkan yang namanya tenaga dalam itu. Sehingga militansi itu muncul kembali,’’ terangnya.

 ?? SETPRES ?? KONSOLIDAS­I: Jokowi menyalami para relawan Galang Kemajuan (GK) di Puri Begawan, Bogor, kemarin.
SETPRES KONSOLIDAS­I: Jokowi menyalami para relawan Galang Kemajuan (GK) di Puri Begawan, Bogor, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia