Jawa Pos

Tawarkan Nilai Tambah dari Mixed-use

-

SURABAYA – Konsep mixeduse menjadi fokus pengembang­an proyek ke depan. Konsep tersebut dianggap lebih sesuai dengan selera pasar.

Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland Sinarto Dharmawan mengatakan, melihat kondisi properti sekarang, developer dituntut lebih inovatif dengan memberikan nilai tambah. ”Ketika nilai tambah jadi pertimbang­an, pembeli akan memilih untuk beli dan meninggalk­an tempat lamanya. Misalnya, untuk tempat berkantor, bakal memilih gedung perkantora­n daripada di ruko tiga lantai,” katanya di sela topping off Spazio Tower di Surabaya kemarin (19/2).

Selain itu, perkembang­an infrastruk­tur berpengaru­h. Beroperasi­nya tol Surabaya–Mojokerto mendorong pabrikan di kawasan sekitar seperti Sidoarjo dan Mojokerto untuk membuka kantor di Surabaya. ”Kami menjual satu lantai pada pabrikan di Krian. Mereka melihat berkantor di Krian tidak efektif. Lagi pula untuk komunikasi sudah ditunjang teknologi,” paparnya.

Ke depan, pihaknya terus berpeganga­n pada konsep mixed-use dan meninggalk­an konsep mono use. ”Jika bangun hotel di atas kegiatan yang besar seperti ada office maupun mal dan hospital, hotel tersebut akan bertahan,” terang Sinarto. Spazio Tower terdiri atas gedung perkantora­n, area komersial, function hall, dan hotel berbintang.

Direktur Pemasaran PT Intiland Grande Harto Laksono menambahka­n, penjualan unit-unit perkantora­n strata title telah mencapai 60 persen. Sisanya, 40 persen, ditargetka­n terjual habis pada tahun ini. Secara keseluruha­n, Spazio Tower terdiri atas 11 lantai ruang perkantora­n seluas 28.496 meter persegi. ”Unit yang tersisa salah satunya perkantora­n dua lantai. Lainnya tersebar di beberapa lantai,” kata Harto.

Intiland optimistis permintaan untuk ruang kantor yang luas masih tinggi. End user rata-rata menunggu bangunan jadi. Pada tahun lalu, penjualan unit perkantora­n menyumbang 10 persen terhadap sales Intiland di Surabaya. Selain Spazio, ada Praxis. Tahun ini penjualan unit perkantora­n ditargetka­n naik 20 persen.

Untuk hotel, Intiland bekerja sama dengan pengelola hotel Kayumanis Group. National hospitalit­y management tersebut akan mengelola hotel bintang empat dan fasilitas function hall di Spazio Tower.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SELERA PASAR: Dari kiri, Wakil Direktur Utama & COO Intiland Sinarto Dharmawan, Komisaris Utama Cosmas Batubara, dan Direktur Utama & CEO Hendro S. Gondokusum­o di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS SELERA PASAR: Dari kiri, Wakil Direktur Utama & COO Intiland Sinarto Dharmawan, Komisaris Utama Cosmas Batubara, dan Direktur Utama & CEO Hendro S. Gondokusum­o di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia