Jawa Pos

Terus Dorong Hunian Bertingkat DATA JUMLAH PENGEMBANG PERUMAHAN

-

SIDOARJO – Hunian di Kota Delta terus tumbuh. Ketersedia­an lahan untuk permukiman kian terbatas. Karena itu, pemkab semakin intensif mendorong pengembang­an hunian vertikal. Yakni, apartemen dan flat.

”Cepatnya pertumbuha­n perumahan tidak diimbangi dengan ketersedia­an lahan. Karena itu, harus mulai diatur,” kata Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Pemkab Sidoarjo Achmad Zaini.

Menurut Zaini, para pengembang perumahan masih bisa mengajukan permohonan izin pembanguna­n. Namun, bentuk perumahan yang bakal dipriorita­skan bukan horizontal, melainkan vertikal. ”Seperti apartemen dan flat,” kata mantan kepala badan pelayanan perizinan terpadu (BPPT) tersebut.

Saat ini, lanjut dia, di Kota Delta baru berdiri satu apartemen. Letaknya di Jalan Cemengkala­ng. Sementara itu, flat sudah ada di lima kawasan. Yakni, di Pucang, Ngelom, Bulu Sidokare, Tambak Kemerakan, dan Tambak Sawah. Ke depan, jumlah apartemen terus bertambah. Sejumlah pengembang mulai mengajukan permohonan izin. Hunian bertingkat itu dibangun di wilayah Pagerwojo, Jalan Lingkar Barat, Waru, serta di Jalan Pahlawan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan, lahan kosong dan lahan hijau terus menyusut. Diperkirak­an saat ini jumlahnya 15 ribu hektare. ”Kalau perumahan tidak ditata, lahan hijau semakin habis,” jelasnya.

Karena itu, tambah Sigit, konsep hunian vertikal harus didorong. Dia mengatakan, saat pengembang mengajukan permohonan pembanguna­n perumahan, pemkab selalu menyaranka­n agar bentuknya diubah. Dari horizontal menjadi vertikal.

Sigit menyatakan, penduduk di Sidoarjo terus bertambah. Tahun ini jumlah warga mencapai 2,3 juta jiwa. Kebutuhan akan rumah pun mengikuti pertambaha­n penduduk itu.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? LAHAN TERBATAS: Pemkab Sidoarjo mulai mendorong pengembang perumahan untuk membangun hunian vertikal. Sejauh ini di Kota Delta baru berdiri satu apartemen di Jalan Cemengkala­ng.
BOY SLAMET/JAWA POS LAHAN TERBATAS: Pemkab Sidoarjo mulai mendorong pengembang perumahan untuk membangun hunian vertikal. Sejauh ini di Kota Delta baru berdiri satu apartemen di Jalan Cemengkala­ng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia