Jawa Pos

Konsisten Produksi Sepatu Bermutu

-

SIDOARJO – Di RT 7, RW 2, Desa Banjarsari, Buduran, terdapat usaha kerajinan kulit asli. Usaha itu sudah berdiri sejak 1985. Beragam model sepatu dan sandal diproduksi dari kampung tersebut. Bahkan, modelnya terbilang selalu mengikuti tren kekinian.

”Awalnya, usaha ini didirikan bapak saya bernama Nurdin. Lalu saya teruskan,” kata Muhammad Afif Chabibulla­h, pemilik usaha.

Desain sepatu-sepatu di tempat usaha Afif memang tampak memikat dan beraneka ragam. Kualitas produknya tetap terjaga. Dalam sepekan, Afif biasanya memproduks­i sekitar 100 pasang sepatu dengan berbagai jenis dan ukuran. ”Kualitas sama dengan saat pertama berdiri. Kulitnya asli, kami kulakan dari Magetan,” ujar pemuda 21 tahun itu.

Dia juga menyediaka­n kulit bahan baku di tokonya. Para pembeli juga bebas melihat-lihat proses produksi yang dilakukan. ”Biar percaya kalau asli. Terbukti juga kalau dipakai bakal awet,” katanya.

Pembeli atau pemesan juga bebas mencoba produk yang sudah jadi. Dengan demikian, mereka bisa merasakan langsung kenyamanan­nya. Konsumen juga boleh membawa desain sendiri. Harganya tentu menyesuaik­an dengan desain. ”Untuk lihat tren model, biasanya saya lihat-lihat desain di media sosial seperti Instagram, Facebook,” terang Afif.

Melalui jejaring sosial itu pula, Afif mengenalka­n produk-produknya. Selama ini para pembeli usaha Afif berasal dari banyak daerah. Bahkan, menyebar sampai ke luar pulau. ”Dari mana-mana, dari Pontianak juga ada. Namun, namanya usaha tentu ada naik, ada turun,” ujarnya. (uzi/c10/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia