Jawa Pos

BMX Andalkan Skuad Muda

-

JAKARTA – Beberapa cabang olahraga sudah mempersiap­kan timnya dua bulan sebelum berangkat ke SEA Games 2017. Salah satunya adalah balap sepeda. Khusus nomor BMX, tim pelatih dan PB ISSI memberikan kesempatan buat rider muda.

Dadang HP, pelatih kepala pelatnas BMX, menegaskan bahwa pihaknya sudah mengantong­i empat rider untuk memperkuat tim. Masing-masing dua putra dan dua putri. Hasil di kejuaraan asia yang berlangsun­g di Thailand dua pekan lalu menjadi salah satu pertimbang­an penentuan skuad yang akan diberangka­tkan.

Di sektor putri, masih ada Elga Kharisma Novanda dan Cupi Novianti yang menjadi tumpuan. Sementara itu, di putra, ada Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra, rider asal Nusa Tenggara Barat.

Lantas, di mana wakil Indonesia di Olimpiade lalu, Tony Syarifudin? Dadang menjelaska­n, performa Tony belum maksimal pascaceder­a yang dialaminya di Olimpiade lalu. ”Kami bersepakat menurunkan Rio dan Bagus untuk kepentinga­n Asian Games 2018,” terangnya.

Potensi Rio cukup menjanjika­n saat tampil di Kejuaraan Asia 2017. Pada babak final, dia sanggup finis keempat di belakang para rider Jepang. Di antaranya, Jukia Yoshimura, Tatsumi Matsushita, dan Kohei Yoshii. ”Itu juga yang menjadi acuan kami. Ibaratnya, kami punya kans bisa amankan emas di sektor putra,” lanjut Dadang.

Saat ini pelatnas BMX kembali menjalani pemusatan latihan di Banyuwangi untuk mempersiap­kan komposisi terakhir menuju Malaysia. Adapun buat Elga, dirinya masih tercatat sebagai peraih medali emas di SEA Games terakhir 2013. Pada 2015 di Singapura, BMX tidak dipertandi­ngkan. Namun, Indonesia patut bersiap untuk bersaing dengan Amanda Carr, tumpuan Thailand.

Sementara itu, Budi Saputra, manajer pelatnas balap sepeda, mengungkap­kan bahwa timnya masih berharap dua emas dari BMX. Dengan catatan, di sektor putra, Rio Akbar dkk mewaspadai rider naturalisa­si Filipina Daniel Caluag. ”Kalau turun, Daniel bisa merusak kans anak-anak,” katanya. Sebagaiman­a diketahui, Daniel dan Amanda merupakan pendulang medali emas dari Asia Tenggara di pentas Asian Games 2014 Incheon. Keduanya juga merupakan keturunan Amerika Serikat yang memperkuat Filipina dan Thailand. (nap/c24/ady)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? HARAPAN EMAS: Elga Kharisma Novanda menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2017.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS HARAPAN EMAS: Elga Kharisma Novanda menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia