Jawa Pos

Pesan Abadi di Dinding

-

TADI malam, festival zona Probolingg­o ditutup. Dalam acara itu, hadir Wakil Ketua Kwartir Daerah Jatim A.R. Purmadi, jajaran Pemkab Probolingg­o, perwakilan Jawa Pos, serta perwakilan PT Mataram Paint (EMCO). Tentu saja, penampilan grup band Letto kian meramaikan acara.

Dalam acara itu, Ketua Kwarda Jatim Saifullah Yusuf menyampaik­an pesan melalui video. Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, yang juga wakil gubernur Jatim menyampaik­an apresiasi atas kerelaan Pramuka dalam mewujudkan kampung bersih, aman, dan sehat.

Berkat festival, wajah kampung yang berada di pesisir itu benar-benar cling. Kini, Desa Kali Buntu sudah berganti wajah. Warnawarni rumah membuat kampung nelayan itu tampak indah. Belum lagi, ada sentuhan mural dengan bentuk yang beragam. Mulai batik, doodle, tokoh kartun, hingga slogan dan pesan imbauan.

Nurmalia Listiyana, misalnya. Pramuka penegak dari SMA 1 Dringu tersebut memilih membubuhka­n tulisan slogan di pagar rumah yang dicatnya. Tulisannya BAPER alias bersih, asri, peduli, ekosistem, dan recycle. Menurut Nurma, slogan dengan kata kekinian itu memang diharapkan bisa diterapkan warga ke depannya. ’’ Terutama dalam menjaga kebersihan,” ujarnya.

Pesan imbauan tersebut rupanya direspons positif oleh warga. Di antaranya, Mihnari Misnan. Misnan mengatakan bahwa selama ini dirinya masih membuang sampah di tambak. Namun, setelah kehadiran Pramuka, Misnan mulai membuang sampah di TPS.

Kepala Desa Kali Buntu Baidawi menyatakan siap untuk melanjutka­n upaya pemberdaya­an kampung pesisir itu. Terutama untuk menyiapkan Desa Kali Buntu sebagai salah satu objek wisata baru Probolingg­o. (kik/c7/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia