Jawa Pos

Dominasi MPV Tak Goyah

-

SURABAYA – Permintaan kendaraan yang bisa memuat tujuh penumpang seperti MPV ( multipurpo­se vehicle) memang menjadi favorit pasar Indonesia. Segmen itu pun masih mengalami pertumbuha­n 8 persen pada triwulan pertama tahun ini.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopran­oto menyatakan, pasar MPV masih mengalami peningkata­n lebih tinggi bila dibandingk­an dengan pasar otomotif di tanah air. ’’Dari kenaikan pasar otomotif 6 persen pada triwulan pertama tahun ini, segmen MPV masih mengalami peningkata­n 8 persen,’’ ujar Soerjo. Pasar MPV pada triwulan pertama kemarin naik dari 36 persen menjadi 44 persen terhadap total penjualan otomotif.

Berdasar data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan di segmen low MPV saja pada Januari–Maret 2017 memang konsisten naik. Pada Januari, penjualan di segmen tersebut mencapai 20.064 unit. Angka itu merangsek naik pada Februari dengan capaian 24.483 unit. Kemudian, penjualan terkerek lagi pada Maret menjadi 28.715 unit. Dari total penjualan tersebut, Toyota Avanza masih kukuh di posisi pertama dengan penjualan 10.315 unit ( Januari), 12.274 unit (Februari), dan 13.124 unit (Maret).

’’ Tetapi, pada kuartal kedua, mungkin tidak akan ada kenaikan signifikan di segmen tersebut. Sebab, kenaikanny­a sudah konsisten pada triwulan pertama. Justru di segmennya Calya yang mungkin naiknya bisa signifikan,’’ katanya. Menjelang Lebaran, penjualan Calya dapat meningkat 10–12 persen. (vir/c14/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia