Jawa Pos

Tebak-tebakan Bareng Cak Lontong

-

SIDOARJO – Semerbak buah durian tercium tajam. Beberapa pedagang tampak sibuk menjajakan puluhan kilogram durian. Kawasan bundaran Apollo Perumahan Citra Garden mendadak berubah layaknya pasar kemarin (9/4). Selain bebas memilih durian yang diobral, para pengunjung dihibur oleh kedatangan Cak Lontong.

Komedian bernama asli Lies Hartono tersebut naik panggung pukul 14.30. Di tengah-tengah ramainya pengunjung yang sedang asyik memilih durian, pria yang juga sibuk sebagai host acara-acara hiburan itu membawakan guyonan bertema liburan bersama anak. ”Anak saya setiap hari libur. Nggak pernah belajar,” ujar Cak Lontong membuka. Tampil dengan setelan batik membuatnya terlihat lebih santai. ”Kalau malam, main koin sama saya. Kalau koin bunga, dia tidur. Kalau koin garuda, dia nonton TV. Nah, baru kalau koin berdiri, dia mau belajar,” kalimatnya mengundang tawa para pengunjung. ”Ya, nggak pernah belajar wong koin berdirinya susah,” ujar Cak Lontong semakin membuat orang terpingkal-pingkal.

Acara itu dihadiri rombongan keluarga. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut menonton penampilan Cak Lontong pada hari libur kemarin. Karena itu, tema lawakan yang berkenaan dengan liburan dan lagu anak-anak dipilih Cak Lontong. Di setiap banyolanny­a, Cak Lontong menyisipka­n pesan. ”Kalau nggak belajar, ya akhirnya nggak naik kelas kayak anak saya,” kata Cak Lontong melanjutka­n candaannya.

Cak Lontong tidak tampil sendirian. Dia bersama rekannya, Tatok, menghibur para penonton dengan sebuah gitar mininya. Keduanya membawakan lagu anak-anak sebagai bahan candaan. Cara itu membuat anak-anak yang sebelumnya mengikuti dance competitio­n for kids naik panggung. Mereka dengan riang mengikuti alur candaan Cak Lontong dan Tatok hingga sukses mengocok perut para penonton.

”Satu ditambah satu, sama dengan dua,” Tatok mulai menyanyi. Dia kemudian meminta salah seorang anak yang naik ke panggung meneruskan. ”Dua dikali dua, ditambah tujuh, dikurangi delapan,” tanyanya kepada anak-anak. Sontak anakanak tertawa dan tak bisa menjawab. Kelucuan mereka membuat para orang tua ikut terbahak-bahak. (via/c6/dio)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? GUYONAN KHAS: Cak Lontong (kanan) dan Tatok menghibur para keluarga di kawasan bundaran Apollo, Perumahan Citra Garden, kemarin. Foto kanan, para pengunjung juga bisa menikmati durian dalam acara bertajuk Mabok Durian.
BOY SLAMET/JAWA POS GUYONAN KHAS: Cak Lontong (kanan) dan Tatok menghibur para keluarga di kawasan bundaran Apollo, Perumahan Citra Garden, kemarin. Foto kanan, para pengunjung juga bisa menikmati durian dalam acara bertajuk Mabok Durian.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia