Jawa Pos

Sensasi Tanjakan di Dua Jembatan

SETIAP hari, Taman Merdeka yang berada di Jalan Datin Halimah, Johor Bahru, Johor, Malaysia, selalu dipadati pengunjung. Selain menjadi fasilitas umum sarana berkumpul keluarga, Taman Merdeka bisa menjadi pilihan berlari karena memiliki jogging track yang

-

CUACA pagi kala itu (2/4) cukup bersahabat untuk menikmati Minggu pagi dengan berolahrag­a di Taman Merdeka. Lokasi tersebut menjadi salah satu yang paling sering dikunjungi keluarga di selatan Malaysia.

Pengunjung juga bisa menikmati sarana jogging track yang menyusuri seluruh sudut Taman Merdeka. Dengan jarak 1,5 km, para runner bisa menikmati indahnya taman dan danau. Sensasi tanjakan di dua jembatan yang menyambung antara sisi luar dan sisi dalam Taman Merdeka juga menjadi daya tarik taman itu.

Trek lari selebar 2,5 meter cukup nyaman bagi runners. Sayang, trek tersebut terbuat dari cor beton sehingga terasa cukup keras untuk berlari. Tentu rasanya lebih nyaman bila terbuat dari aspal. Selain jogging track, tersedia sejumlah alat fitness sederhana yang bisa dimanfaatk­an.

Dari beberapa spot lari di Johor, bisa dibilang Taman Merdeka paling favorit. Terlebih, saat weekend tiba, masyarakat Johor berbondong­bondong menikmati salah satu fasilitas umum tersebut. Tidak hanya dari warga sekitar Jalan Datin Halimah, mereka juga datang dari Pasir Gudang yang berjarak hampir 30 menit perjalanan via mobil.

’’Ternyata enak juga lokasinya. Selama ini cuma numpang lewat saja,’’ sebut Angela Ng Poh Choo, guru taman kanak-kanak dari Pasir Gudang, kepada Jawa Pos. Dia datang bersama dua anaknya, Chen Wen Hao dan Stephanie Chen Yi Thong. Mereka menyempatk­an singgah setelah menjalani ibadah Minggu di sekitar lokasi. Shah Zahrin, misalnya, memang mengagenda­kan Minggu paginya khusus untuk datang ke Taman Merdeka. ’’Minimal seminggu sekali ke sini, berolahrag­a pagi,’’ katanya sembari menjajal bench press di area gym exercise.

Lain halnya buat Adi Aziz dan Azlina. Dalam tiga kali seminggu, mereka rutin datang ke Taman Merdeka untuk menikmati kesejukan udaranya. ’’Saya minimal lari enam putaran. Lumayan dapat keringat pagi hari,’’ sebut Adi. Bagi keduanya, Taman Merdeka menjadi spot lari terbaik di Johor. Di area Taman Merdeka juga terdapat kolam renang anak-anak. Lokasi tersebut kerap menjadi pilihan keluarga yang membawa anak-anak, terutama saat sore tiba. Area kolam renang tidak terlalu luas. Hanya seukuran separo lapangan futsal. Kedalamann­ya juga menyesuaik­an tinggi anak-anak, yakni 1–1,5 meter. (nap/c19/tom)

 ?? GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ?? TEMPAT BERSAHABAT: Taman Merdeka di Johor Bahru, Johor, Malaysia, menjadi salah satu spot favorit warga lokal.
GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS TEMPAT BERSAHABAT: Taman Merdeka di Johor Bahru, Johor, Malaysia, menjadi salah satu spot favorit warga lokal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia