Jawa Pos

Kampung Berhias Imbauan Tertib

-

SURABAYA – Setelah beberapa hari absen, road show Smart Riding 2017 kembali menggelind­ing. Pada Rabu (29/3), tim Satlantas Polrestabe­s Surabaya menyambang­i Granting Lama Gang 2, RT 01, RW 03. Mereka disambut dengan aneka hiasan ajakan tertib berlalu lintas yang dipasang di seantero kampung.

Acara itu dimulai pada pukul 19.30. Perumahan di kawasan Simokerto tersebut mendadak ramai. Beberapa tenda didirikan. Kursi-kursi ditata apik berjejer di depan panggung. Tidak mau kalah oleh kampung lain, kampung itu juga diramaikan dengan berbagai macam hiasan.

Hiasan tersebut berupa bannerbann­er yang dipasang di sepanjang jalan masuk permukiman itu. Banner-banner itu juga ditaruh acak di sepanjang perkampung­an. Meski begitu, banner tersebut tidak tampak mengganggu. Mereka malah menambah suasana tertib di kampung tersebut.

Banner itu berisi beberapa semboyan. Terutama semboyan yang bertujuan mengimbau masyarakat tertib berkendara. Tidak berhenti di situ, warga juga berinisiat­if menaruh beberapa rambu yang diletakkan di pinggir jalan. Rambu tersebut tidak terbuat dari besi sebagaiman­a umumnya. Melainkan hasil kreativita­s warga. Cetakan itu kemudian ditaruh di kayu dengan sanggahan. Tidak pelak, aksesori tersebut membuat jalan setapak menyusuri kampung itu terlihat seperti jalan raya.

Kapolsek Simokerto Kompol Mu- hammad Harris yang hadir dalam acara tersebut menyatakan kagum dengan hasil jerih payah warga Simokerto. Dengan aneka kreativita­s, dia optimistis Simokerto akan mendulang prestasi sebagai kampung tertib di Surabaya. ’’Harus bisa juara pertama untuk mewakili Simokerto,’’ katanya, lantas tertawa.

Harris juga mengapresi­asi acara yang diselengga­rakan Jawa Pos dan Satlantas Polrestabe­s Surabaya tersebut. Menurut dia, orang-orang di pinggiran kota Surabaya jarang diperhatik­an. Mereka bahkan tidak pernah mendapatka­n penyuluhan tentang hal semacam itu.

Sebab, saat ini banyak sekali warga sekitar yang masih tidak menaati aturan. Kebanyakan di antara mereka meremehkan hal tersebut. (bin/mir/c14/git)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? GUYUB: Kapolsek Simokerto Kompol Muhammad Harris (empat dari kiri) menyempatk­an diri untuk datang ke road show Smart Riding.
ARYA DHITYA/JAWA POS GUYUB: Kapolsek Simokerto Kompol Muhammad Harris (empat dari kiri) menyempatk­an diri untuk datang ke road show Smart Riding.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia