Jawa Pos

Tambah Lima Program D-4

-

SURABAYA – Perubahan status menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH) menambah pekerjaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus yang berlokasi di kawasan Keputih, Sukolilo, itu harus memisahkan program sarjana dan diploma. Juga memiliki departemen yang lulusannya setara dengan program sarjana di fakultas vokasi. Untuk itu, ITS berencana membuka lima departemen program diploma empat (D-4) pada pertengaha­n 2018.

Departemen yang akan ditambah dengan program D-4 adalah departemen teknik mesin industri, teknik elektro otomasi, teknik kimia industri, teknik instrument­asi, dan statistika bisnis. Sementara itu, departemen teknik infrastruk­tur sipil yang sebelumnya memiliki program tersebut juga akan menambah program studi. Yaitu, magister terapan teknik sipil (MTTS). ’’MTTS akan diluncurka­n dalam waktu dekat, paling lambat awal tahun 2018,’’ ujar Dekan Fakultas Vokasi Prof M. Sigit Darmawan.

Pembentuka­n fakultas vokasi membuat kegiatan mahasiswa akan lebih banyak diisi dengan praktik di lapangan. Salah satu kebijakan barunya adalah kerja praktik atau magang industri selama satu semester. Harapannya, ITS bisa menghasilk­an riset terapan dan riset industri untuk masyarakat.

Bukan hanya itu, lanjut Sigit, dalam fakultas vokasi juga terdapat perubahan karakteris­tik sistem pembelajar­an. Misalnya, komposisi pendidikan dengan 30 persen teori dan 70 persen praktik. ’’Perubahan tersebut akan diterapkan sejak 2018,’’ ucapnya. Para mahasiswa akan diajak lebih banyak belajar di luar kelas seperti laboratori­um, workshop, dan lapangan.

Sigit menambahka­n, fakultas vokasi juga akan memiliki lokasi baru. Departemen teknik instrument­asi dan departemen statistika bisnis bakal dipindah dekat Gedung Graha Sepuluh Nopember. Kecuali, departemen teknik infrastruk­tur sipil akan tetap berada di daerah Manyar.

Selain itu, ada beberapa agenda bidang kemahasisw­aan yang akan dilakukan fakultas vokasi. Di antaranya, pembentuka­n badan eksekutif mahasiswa (BEM) vokasi, pemetaan prestasi dan potensi, peningkata­n keterampil­an, serta persiapan dies natalis 2017. ’’Pembentuka­n fakultas ini tidak akan mengubah pendanaan untuk kegiatan mahasiswa,’’ tegasnya. (ant/c19/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia