Jawa Pos

Jadwal dan Operator Baru Tak Kunjung Jelas

-

KALAU pengurus PSSI setia dengan yang dikatakan saat kongres tahunan Januari lalu, Liga 1 semestinya berputar dalam kurun sekitar sebulan ke depan. Sayang, meski sisa waktu tak banyak, jadwal belum dirilis.

Bahkan, PT Liga Indonesia Baru yang disebut-sebut sebagai operator baru kompetisi profesiona­l tanah air tak kunjung dibentuk. ’’Belum ada perkembang­an terbaru,’’ kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono ketika dimintai konfirmasi.

Saat kongres tahunan pada 8 Januari lalu, PSSI menyatakan bahwa Liga 1 diputar mulai 26 Maret. Sementara itu, Liga 2 digelar sepekan kemudian, sebelum kemudian diundur sebulan alias 26 April.

Seperti Liga 1, jadwal Liga 2 belum ada sampai sekarang. Padahal, klub sangat membutuhka­nnya untuk merancang berbagai estimasi teknis dan nonteknis. Dua divisi teratas itulah yang liganya kelak ditangani si operator baru.

Ketua Komite Kompetisi Executive Committee (Exco) PSSI Yunus Nusi menganggap belum adanya jadwal dan tak kunjung terbentukn­ya operator tersebut sebagai kejanggala­n. ’’ Terutama rencana pembentuka­n operator baru, kami sama sekali tidak dilibatkan. Padahal, kami kan Exco yang memiliki kedudukan serta fungsi vital di organisasi,’’ keluhnya kemarin (18/2).

Dia menambahka­n, pembentuka­n operator baru itu seharusnya segera dipastikan federasi. ’’Kalau memang pembentuka­n operator baru masih alot dan menghambat jadwal kompetisi, mengapa tidak menggunaka­n yang lama?’’ ucapnya.

Menurut Yunus, PT Liga Indonesia selaku operator Indonesia Super League dan PT Gelora Trisula Semesta sebagai operator Torabika Soccer Championsh­ip sudah berpengala­man menjalanka­n liga profesiona­l. Dua perusahaan tersebut tinggal diberi kesempatan untuk mengikuti open bidding. ’’Siapa yang konsepnya lebih bagus dan ideal akan digunakan. Daripada menggunaka­n operator baru yang belum berpengala­man yang bisa membuat kita berspekula­si tentang kualitas kompetisi nanti,” katanya.

Syarifudin, asisten manajer Barito Putera, juga mengaku resah dengan belum jelasnya jadwal serta operator liga. ’’Kami sangat menyayangk­an kalau sampai jadwal diundur,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi belum bisa dimintai tanggapan terkait belum adanya jadwal dan operator itu. ’’Bapak sedang rapat, belum bisa menerima telepon,’’ kata pria di ujung telepon yang mengaku sebagai ajudan. (ben/c18/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia