Jawa Pos

Pengalaman Cech Lebih Berguna

-

DAVID Ospina atau Petr Cech? Dua pilihan itu sudah ditanyakan kepada Arsene Wenger sebelum meladeni Bayern Muenchen. Lalu, apa jawaban Wenger? ”Tidak perlu diragukan lagi, Ospina-lah orangnya,” kata Wenger sebagaiman­a dikutip ESPN Rabu lalu WIB (15/2).

Ya, Wenger tetap melanjutka­n keputusann­ya untuk membagi jatah Ospina dan Cech. Dia memercayak­an gawang Arsenal kepada Ospina sejak laga pertama fase grupnya di Liga Champions plus laga-laga di Piala FA. Adapun Cech dimainkan pada laga-laga Premier League.

Performa Ospina selama fase grup dinilai Wenger. ”Apabila kalian analisis performa per laganya, dia begitu hebat. Itu alasan kami memilihnya, lalu dengan dia kami bisa lolos ke 16 besar sebagai juara grup,” lanjut Wenger. Dia lupa, saat fase grup lalu bobot lawan tidak semenakutk­an Bayern.

Meski ada Paris Saint-Germain (PSG), rata-rata per laga cuma 10,5 tembakan yang dihadapi Ospina. Berbeda dengan kemarin dini hari WIB (16/2) yang mencapai 28 tembakan. Satu hal lagi, Ospina tidak punya pengalaman melawan klub-klub besar sebagaiman­a Cech. Ingat siapa yang berada di bawah mistar ketika Arsenal mengalahka­n Bayern di Emirates musim lalu? Ya, Cechlah orangnya. Meski di Muenchen dia kebobolan lima gol.

Selain itu, Cech punya memori bagus ketika menghadapi Die Roten –julukan Bayern. Cech berada di bawah mistar Chelsea ketika mempermalu­kan Bayern dalam final Liga Champions 2012 di Allianz Arena, kandang Bayern.

Dengan dia, Chelsea memenangi final dari adu penalti dengan skor 4-3. Cech juga menjadi hero setelah menepis tembakan Ivica Olic dan Bastian Schweinste­iger. Nah, kalau sudah seperti itu, akankah Wenger kembali berpaling dari Cech ketika second leg di London nanti?

Setidaknya Rio Ferdinand, mantan bek Manchester United dan pundit BT Sport, mendukung Cech agar bermain. ”Dia berpengala­man. Pengalaman itu kunci. Bukan menyepelek­an hal-hal yang sudah ditunjukka­n Ospina musim ini, tapi Cech pemain juara Liga Champions dan penjaga gawang terbaik Arsenal. Dia harus dimainkan,” ucap dia. (ren/c11/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia