Jawa Pos

SHOW SELEBRITI

-

LOS ANGELES – Hanya faktor X yang akan menghalang­i La La Land merebut gelar Best Picture alias Film Terbaik di Academy Awards Ke-89 pada 26 Februari mendatang. Sebab, film musikal romantis besutan Damien Chazelle tersebut sudah mengantong­i semua modal untuk menjadi Film Terbaik. Termasuk penghargaa­n terbaru dari 28th Producers Guild of America Awards (PGA Awards).

Dalam acara yang digelar di The Beverly Hilton Hotel Sabtu malam waktu setempat (kemarin WIB, Red), La La Land merebut award tertinggi. Yakni The Darryl F. Zanuck Award for Outstandin­g Producer of Theatrical Motion Pictures. Chazelle tidak hadir. Demikian juga dua bintangnya, Emma Stone dan Ryan Gosling. Trofi diterima produser eksekutif Fred Berger.

’’Ini gila. Berdiri di sini malam ini adalah kehormatan. Terima kasih Hollywood, yang telah merayakan film dan merangkul musikal,’’ kata Berger sebagaiman­a dikutip Variety.

’’Damien Chazelle membuatkan kita cerita tentang pengorbana­n-pengorbana­n yang dibuat seniman hingga mampu mencapai popularita­s di Hollywood,’’ timpal Marc Platt, produser yang turut menerima penghargaa­n. ’’Film ini merayakan mereka yang berjuang keras merebut mimpi artistik dengan seluruh passion- nya,’’ lanjut dia.

Darryl F. Zanuck Award sering dianggap sebagai ’’preview’’ peraih Best Picture di Oscars. Selama 27 tahun diselengga­rakan, 19 film yang memenangi award tersebut juga memenangka­n trofi Academy Awards. Kecenderun­gan itu makin kuat dalam beberapa edisi terakhir. Selama sembilan tahun belakangan, hanya satu pemenang PGA Awards yang gagal merebut Oscar. Yakni pada edisi tahun lalu, ketika kalah dari di Academy Awards.

Sebenarnya bukan kebetulan pemenang PGA Awards ’’berlanjut’’ di Oscars. PGA Awards menggunaka­n sistem pemilihan yang sama dengan Oscars. Yakni sistem balot berbasis preferensi. Sistem itu samasama diberlakuk­an sejak delapan tahun lalu. Jumlah voters pada PGA Awards dengan jumlah anggota Academy pun serupa, yaitu sekitar 7.000 orang.

Dari 10 nominasi, akan memilih satu film melalui balot. Balot itu lalu dikumpulka­n dan dihitung. Dalam setiap putaran, film yang balotnya paling sedikit akan dieliminas­i. Terus berlanjut hingga ada satu film yang mendominas­i. Pemenang PGA Awards 2017 diumumkan sebelum final pemungutan suara Oscars pada 13 Februari mendatang. Hal itu semakin memengaruh­i keputusan para anggota Academy.

Posisi (dan kans) La La Land merebut pun semakin kuat karena nominasi pada Darryl F. Zanuck Award dengan Best Picture Oscars tak jauh beda. Mereka bersaing dengan Arrival, Fences, Hacksaw Ridge, Hell or High Water, Hidden Figures, Lion, Manchester by the Sea, serta Moonlight. Plus satu film lagi, yakni Deadpool, yang tidak masuk nominasi Film Terbaik Oscars.

La La Land juga baru saja menerima piala Best Edited Feature Film (Comedy) dalam 67th ACE Eddie Awards. Malam penganuger­ahan piala tersebut digelar pada Jumat lalu waktu setempat (Sabtu WIB, Red). Di sisi lain, Emma Stone dan Ryan Gosling dinominasi­kan dalam Screen Actors Guild Awards 2017. ’’Rasanya luar biasa!’’ ujar Chazelle sebagaiman­a dilansir Entertaime­nt Weekly. (hollywoodr­eporter/variety/ entertaime­ntweekly/adn/c19/na)

 ??  ?? The Big Short voters Spotlight annual
The Big Short voters Spotlight annual

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia