Jawa Pos

Tolak Izin Landing Pesawat Wings Air

Bandara Belum Diterbangi Malam Hari

-

BANYUWANGI – Penerbanga­n pesawat Wings Air rute Surabaya–Banyuwangi dan sebaliknya dibatalkan kemarin (21/12). Karena pembatalan tersebut, 70 calon penumpang yang telah menunggu di Bandara Blimbingsa­ri terpaksa gagal diterbangk­an menuju Bandara Juanda.

Kepala Bandara Blimbingsa­ri Dodi Dharma Cahyadi mengatakan, Wings Air meminta izin delay kepada pihaknya. Maskapai di bawah naungan Lion Air Group tersebut meminta izin jadwal pendaratan di Bandara Blimbingsa­ri yang seharusnya berlangsun­g pukul 12.40 WIB menjadi pukul 17.30 WIB.

Namun, menurut Dodi, dengan alasan mengutamak­an keselamata­n penumpang, pihak Bandara Blimbingsa­ri tidak mengizinka­n Wings Air mendarat di bandara kebanggaan masyarakat Bumi Blambangan –julukan Banyuwangi– pada pukul 17.30 WIB.

”Sesuai dengan surat dari Wings Air, mereka minta extend (diperpanja­ng, Red) sampai 17.30 WIB, tetapi tidak kami izinkan karena bandara kita belum bisa diterbangi malam hari,” ujar Dodi yang dihubungi via sambungan telepon pukul 16.45 kemarin.

Dodi menjelaska­n, keputusan untuk menolak izin landing pesawat Wings Air tersebut dilakukan demi menjamin keselamata­n penumpang dan keselamata­n penerbanga­n. Pendaratan pesawat di Bandara Blimbingsa­ri maksimal bisa dilakukan pukul 17.00 WIB.

”Kalau lebih dari itu, kami khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi, saat kami cek, visibility di Bandara Blimbingsa­ri hanya 500 meter,” tuturnya.

Dodi memperkira­kan, permintaan pihak Wings Air itu dilakukan lantaran pesawat yang digunakan melayani rute penerbanga­n dari dan menuju Banyuwangi mengalami

saat digunakan melayani rute penerbanga­n sebelumnya. Ya, selain digunakan melayani penerbanga­n Surabaya–Banyuwangi, pesawat tipe ATR 72-600 tersebut digunakan untuk melayani jasa angkutan penerbanga­n Surabaya–Semarang pergi pulang. ”Mungkin pesawat rute Semarang–Surabaya

Setelah kami cek, sampai saat ini (kemarin sore, Red) pesawat tersebut belum sampai Juanda,” ujar dia.

Sementara itu, Dodi mengungkap­kan, pihak Wings Air bertanggun­g jawab terhadap 70 calon penumpang yang gagal diterbangk­an kemarin. Beberapa penumpang difasilita­si menuju Surabaya dengan memanfaatk­an mobil travel.

”Sedangkan beberapa penumpang yang lain bersedia dialihkan pada jadwal penerbanga­n besok (hari ini, 22/12),” ujarnya. (sgt/c10/diq)

 ?? RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? JADWAL: Pesawat Wings Air saat mendarat di Bandara Blimbingsa­ri pada November lalu. delay delay.
RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI JADWAL: Pesawat Wings Air saat mendarat di Bandara Blimbingsa­ri pada November lalu. delay delay.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia