Jawa Pos

Bank BRI Gelar UMKM Digitalvol­ution

Untuk Memperkuat Sektor UMKM Indonesia

-

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merayakan ulang tahun ke-121 dengan menggelar UMKM Digitalvol­ution. Acara tersebut terselengg­ara pada 17 hingga 18 Desember 2016 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Kegiatan yang sangat meriah tersebut meliputi rangkaian seminar, pameran, dan coaching clinic UMKM.

Event ini merupakan pengembang­an lebih lanjut dari Rumah Kreatif BUMN yang digagas oleh Kementeria­n BUMN. Sekaligus salah satu bentuk konsistens­i dan wujud komitmen Bank BRI dalam mendukung pengembang­an potensi ekonomi pada segmen bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh pelosok negeri.

Seminar setengah hari bertema Menyiapkan UMKM yang Berdaya Saing Tinggi di Era Digital juga diselengga­rakan pada 17 Desember 2016 dengan keynote speaker Menteri BUMN Rini M. Soemarno. Sebelumnya, Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam menyampaik­an laporannya. Yang bertindak sebagai narasumber adalah Direktur Mikro Bank BRI Mohammad Irfan bersama beberapa praktisi profesiona­l seperti CEO blanja.com dan Ketua idEA-Indonesia E-Commerce Associatio­n Aulia E. Marinto, Direktur Eksekutif DKSP Bank Indonesia Eni V. Panggabean, serta sosiolog Universita­s Indonesia Imam B. Prasodjo.

Acara tersebut juga dilengkapi dengan pameran pengusaha UMKM kreatif yang menghadirk­an 121 nasabah UMKM BRI terpilih dari seluruh Indonesia. Nasabah tersebut terbagi atas beberapa kategori. Di antaranya, cluster industri kreatif, cluster kain tradisiona­l, cluster kopi, serta cluster makanan dan minuman olahan.

Selama event UMKM Digitalvol­ution berlangsun­g, tercatat total penjualan produk UMKM kreatif lebih dari Rp 5 miliar dengan rata-rata penjualan per booth sekitar Rp 40 juta. Penjualan tertinggi pada booth Batik Haryanto yang mencapai lebih dari Rp 100 juta. Transaksi pada umumnya dilakukan secara nontunai dengan menggunaka­n debit BRI, kartu kredit BRI, serta BRIZZI melalui mesin EDC BRI.

Selain dari penjualan, event itu memberikan edukasi dalam bentuk coaching clinic UMKM yang terdiri atas pelatihan dan konsultasi. Edukasi tersebut dapat dimanfaatk­an oleh para pengunjung untuk meningkatk­an pemahaman terkait beberapa aspek yang secara langsung bisa meningkatk­an kapasitas usaha pengusaha atau pelaku UMKM. Beberapa pelatihan yang diberikan adalah pembiayaan UMKM, pelatihan packaging, literasi terkait merek, hak cipta, dan paten, serta pemasaran UMKM melalui e-commerce.

Salah satu peserta pameran pengusaha UMKM kreatif berkesempa­tan memberikan testimoni. ”Kami sangat antusias menjadi peserta pameran pengusaha UMKM kreatif yang diselengga­rakan oleh Bank BRI dan berharap event ini dilaksanak­an setiap tahun. Manfaat yang kami peroleh adalah menambah jaringan pemasaran, mendapatka­n investor baru, dan tentunya tingkat penjualan yang tinggi,” ucap Widawining­sih, pemilik usaha makanan olahan Pala-Q dari Bogor. (tih/c6/aan)

 ?? BRI FOR JAWA POS ?? DUKUNG UMKM: Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam (kanan) dan Wakil Direktur Utama Bank BRI Sunarso (ketiga kiri) mendamping­i Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno saat mengunjung­i pameran UMKM Digitalvol­ution Bank BRI di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu...
BRI FOR JAWA POS DUKUNG UMKM: Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam (kanan) dan Wakil Direktur Utama Bank BRI Sunarso (ketiga kiri) mendamping­i Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno saat mengunjung­i pameran UMKM Digitalvol­ution Bank BRI di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia