Jawa Pos

Balawan Cari Band Berjiwa Profesiona­l

-

UDAH kenal kan sama 15 finalis Honda Zetizen Band 2k16? Sekarang saatnya kenalan sama juri tamu yang bakal menilai mereka pada malam final.

So, please welcome to I Wayan Balawan, gitaris nomor 1 di Indonesia! Kira-kira, kriteria band seperti apa sih yang dicari Balawan? (als/c22/adn)

VOKALIS PAHAM KARAKTER

Menurut Balawan, vokalis ibarat garda terdepan yang dilihat para penonton. That’s why, Balawan berharap sang vokalis dapat memahami karakter suaranya. ’’Jangan dipaksa menyanyika­n lagu yang tidak sesuai karakter sendiri karena justru bikin lagunya terdengar fals,’’ ujarnya. Balawan juga menyatakan, seorang vokalis andal terkadang bisa menutupi kekurangan bandnya.

ARANSEMEN SMOOTH

Balawan juga akan menilai seberapa ’’halus’’ aransemen. ’’Aransemen, harus tetap in context. Tugasnya adalah bikin peralihann­ya tetap smooth. Ada beberapa band yang pergantian aransemenn­ya terlalu tiba-tiba sehingga bikin kaget,’’ jelasnya. Meski aransemen bisa dilakukan sesuai selera, Balawan tetap berharap para finalis bisa mengolahny­a sehingga enak didengar.

INTERAKSI DENGAN PENONTON

Selain kualitas musik yang dibawakan, interaksi anggota band dengan penonton menjadi poin penilaian. ’’Saat tampil, ya jangan lihat ke bawah terus. Penonton nanti merasa tidak dianggap,’’ ujar Balawan. Interaksi seperti eye contact bisa dilakukan. ’’Kepercayaa­n diri bisa dibangun kalau mereka sudah menguasai materi,’’ tambahnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia