Jawa Pos

Menantang dan Luar Biasa Seru

Komunitas sepeda dari Jakarta, Puri Cycling Club (PCC), baru saja menuntaska­n gowes jarak jauh dari Jogjakarta menuju Bali. Perjalanan begitu seru.

-

SEBANYAK 27 cyclist yang tergabung dalam komunitas sepeda Puri Cycling Club (PCC) menaklukka­n race sepanjang 865 km. Perjalanan selama enam hari tersebut dimulai pada 29 Oktober dan berakhir pada 3 November. Gowes bertajuk Grand Touring Antangin-Fit Tour Jogjakarta–Bali tersebut terbagi menjadi enam etape.

Pada setiap etape, para cyclist melalui trek yang berbeda-beda dan sangat beragam. Etape pertama yang berlangsun­g pada 29 Oktober menempuh jarak 118 km dari Jogjakarta menuju Pacitan. Para peserta disuguhi trek yang menantang dengan pemandanga­n alam Indonesia yang menawan.

Mulyo Rahardjo, CEO PT Deltomed Laboratori­es, menyatakan bahwa itu kali pertama PCC melakukan gowes dengan rute Jogjakarta–Bali. Sebelumnya, pada 2014 dan 2015, PCC gowes touring di daratan Flores. ” Kalau di Flores, lebih sepi jalanannya, jadi lebih nyaman. Tapi, gowes kali ini juga seru sekali,” ucap Mulyo kepada Jawa Pos.

Menurut salah seorang peserta, Suhaili, hal yang menarik dalam touring tahun ini berada di etape 2. Tepatnya rute Pacitan–Trengalek–Kediri yang berjarak 157 km. Lantaran di tengah panas terik yang luar biasa, meski lelah, para peserta harus terus gowes. Menanjak dan melawan panas. ” Semua sangat lelah. Tanjakanny­a tidak kalah menantang dari tanjakan di Vuelta a Espana, Spanyol,” kata Suhaili.

Suhaili menyatakan, hanya semangat luar biasa yang membuat para peserta bertahan untuk menaklukka­n tantangan tersebut. Menurut cyclist 48 tahun itu, tanjakan pada etape 2 tersebut 19–21 persen. Semangat para peserta kembali terpompa ketika ada bonus turunan sepanjang 30 km hingga Trenggalek. ” Itu membuat kami bersemanga­t lagi,” tambahnya.

Yang tak kalah menarik terjadi ketika perjalanan berlanjut di etape 5. Yaitu, perjalanan dari Jember hingga Banyuwangi dengan jarak 120 km. Start dari Jember, para cyclist melewati rute menantang di Gunung Gumitir. Sebab, di sana banyak rolling dan tanjakan. Ditambah dengan pepohonan hijau dan banyaknya pemandanga­n yang memikat di sekeliling­nya.

Para peserta dimanjakan dengan panorama hutan dan perkebunan kopi yang rindang sekitar 70 km hingga memasuki Bumi Blambangan. Rombongan penggila sepeda tersebut akhirnya ” finis” secara temporer di Pantai Boom, Banyuwangi, pada Kamis (3/11) pukul 14.00. ” Banyak tanjakan dan turunan, tapi tidak terasa karena sangat sejuk, banyak pohon,” tambahnya.

Setelah finis etape 5, para cyclist melepaslia­rkan tukik di Pantai Boom sebagai tanda solidarita­s dan kontribusi mereka dalam menjaga perkembang­biakan penyu.

Acara dilanjutka­n dengan kegiatan charity dari Antangin dengan membagikan santunan kepada anak-anak yatim. ” Luar biasa. Di Banyuwangi, kami disambut oleh Pak Bupati Azwar Anas yang sangat bersahaja. Kami dijamu di pendapa rumah dinasnya,” ucapnya. (nes/c11/nur)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? NUANSA BALI: Para cyclist dari komunitas sepeda Puri Cycling Club (PCC) saat melewati ukiran gapura khas Bali di Gilimanuk, Bali. Pulau Dewata adalah tujuan terakhir setelah gowes dari Jogjakarta pada 29 Oktober lalu.
GALIH COKRO/JAWA POS NUANSA BALI: Para cyclist dari komunitas sepeda Puri Cycling Club (PCC) saat melewati ukiran gapura khas Bali di Gilimanuk, Bali. Pulau Dewata adalah tujuan terakhir setelah gowes dari Jogjakarta pada 29 Oktober lalu.
 ??  ?? PELABUHAN: Rombongan grand tour Jogja-Bali berpose di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Mereka baru saja menyelesai­kan etape kelima dari Jember menuju Banyuwangi sejauh 120 kilometer.
PELABUHAN: Rombongan grand tour Jogja-Bali berpose di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Mereka baru saja menyelesai­kan etape kelima dari Jember menuju Banyuwangi sejauh 120 kilometer.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? HANGAT: Bupati Abdullah Azwar Anas saat menerima jersey dari Mulyo Rahardjo, CEO PT Deltomed Laboratori­es, di rumah dinas bupati, Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi.
GALIH COKRO/JAWA POS HANGAT: Bupati Abdullah Azwar Anas saat menerima jersey dari Mulyo Rahardjo, CEO PT Deltomed Laboratori­es, di rumah dinas bupati, Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? MENDARAT DI BALI: Rombongan PCC peserta grand tour Jogja-Bali setelah menyeberan­g dengan kapal feri dari Ketapang, Banyuwangi.
GALIH COKRO/JAWA POS MENDARAT DI BALI: Rombongan PCC peserta grand tour Jogja-Bali setelah menyeberan­g dengan kapal feri dari Ketapang, Banyuwangi.
 ??  ?? AYO JALAN: Peserta grand tour Jogja-Bali Suhaili Kim meniup tukik di pesisir Pantai Boom, Banyuwangi.
AYO JALAN: Peserta grand tour Jogja-Bali Suhaili Kim meniup tukik di pesisir Pantai Boom, Banyuwangi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia