Jawa Pos

Menanti Benteng Puzzle-nya Barca

-

BARCELONA – Javier Mascherano bermain sebagai bek kanan. Atau, Sergio Busquets menjadi bek tengah. Bahkan, Marlon Santos dari Barcelona B mungkin malah dipromosik­an. Ya, semua menjadi kepingan puzzle yang bisa diutak-atik entrenador Barcelona Luis Enrique dalam 2–3 pekan mendatang.

Enrique memang harus meramu wajah baru di pertahanan Barca seiring dengan absen borongan yang dialami Gerard Pique, Jordi Alba, dan Jeremy Mathieu dalam laga kontra Manchester City di Camp Nou kemarin dini hari WIB (20/10). Jika Mathieu hanya terkena sanksi kartu merah alias absen satu pertanding­an di Liga Champions, lain halnya dengan Pique-Alba. Keduanya menderita cedera yang memaksa absen dalam durasi yang tidak sebentar. Pique yang ligamen lateral eksternal di pergelanga­n kaki kanannya robek diprediksi baru pulih tiga pekan. Pique lantas ditarik ke luar pada menit ke-39 dan digantikan Mathieu. Lalu, Alba butuh menepi dua pekan karena hamstring- nya kambuh. Dalam laga kemarin, bek kiri 27 tahun itu justru sudah out saat laga baru berjalan sembilan menit.

Atas cedera masing-masing, Pique dan Alba bakal melewatkan setidaknya 5–6 pertanding­an Barca. Mulai kontra Valencia (23/10), Granada (30/10), hingga Sevilla (7/11). Juga laga di kandang City, Etihad Stadium, dalam matchday keempat Liga Champions (2/11).

’’Selalu mengkhawat­irkan ketika Anda kehilangan pemain karena cedera,’’ kata Enrique kepada Football Espana. ’’ Tapi, kami tentu akan mempersiap­kan penggantin­ya,’’ lanjut pelatih yang menjalani musim ketiganya bersama Barca tersebut.

Musim ini, ketika baru 11 laga yang dimainkan, banyak penggawa Barca yang silih berganti masuk ruang medis. Mulai kedua kiper utamanya, Marc-Andre ter Stegen dan Jasper Cillessen, sampai sang superstar Lionel Messi. Bahkan, Ter Stegen, Messi, dan Alba sudah dua kali terkena cedera. (okt/c14/dns)

 ?? ALBERT GEA/REUTERS ?? ABSEN DI ETIHAD: Gerard Pique merintih kesakitan setelah mengalami cedera dalam laga di Camp Nou kemarin dini hari WIB (20/10).
ALBERT GEA/REUTERS ABSEN DI ETIHAD: Gerard Pique merintih kesakitan setelah mengalami cedera dalam laga di Camp Nou kemarin dini hari WIB (20/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia