Jawa Pos

Kesan Pertama Harus Istimewa

Perang Mobil Kota

-

CITY car bukan tulang punggung otomotif nasional. Pasarnya hanya 5–10 persen, kalah jauh jika dibandingk­an dengan mobil keluarga ( multipurpo­se vehicle). Namun, kompetisi antarprodu­sen cukup sengit.

Pasar mobil kota terbagi menjadi dua segmen. Yakni, segmen A yang diisi produk dengan kapasitas mesin 1.000–1.200 cc dan segmen B yang menggunaka­n mesin 1.300–1.500 cc. pada segmen B, Honda Jazz dan Toyota Yaris menjadi penguasa. Jika digabungka­n, pangsa pasar dua mobil hatchback itu lebih dari 90 persen.

Pada segmen A, persaingan lebih seru. Sejak Januari–September, Honda Brio memimpin 37 persen, disusul Mitsubishi Mirage (17 persen), Toyota Etios (17 persen), Daihatsu Sirion (13 persen), Nissan March (11 persen), dan Suzuki Splash (4 persen). ” City car itu bisa dibilang paling ramai. Meski pasarnya tidak besar, tapi ramai. Hampir semua merek ada di situ,” kata Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Selain karena permintaan pasar yang terus tumbuh, city car kerap menjadi pilihan mobil pertama. Karena itu, produsen berupaya memberikan kesan pertama yang istimewa, bukan hanya dari sisi fitur dan kecanggiha­n, tapi juga desain dan warna.

Kelengkapa­n fitur menjadi tuntutan. Sebab, city car membidik mahasiswa, eksekutif muda, perempuan karir, hingga ibu rumah tangga. Tak mengherank­an apabila fitur yang memudahkan konsumen perempuan, seperti transmisi otomatis, menjadi salah satu pertimbang­an membeli city car.

Head of Mitsubishi Motor Corporatio­n (MMC) Sales and Marketing Group PT Kramayudha Tiga Berlian Motor (KTB) Imam Choeru Cahya mengakui pihaknya mengarahka­n Mirage masuk hingga ke segmen pelajar dan mahasiswa. Namun, perluasan target tersebut berhadapan dengan mobil murah ramah lingkungan ( low cost and green car/ LCGC). Meski dari sisi fitur dan desain kalah jauh, harga LCGC memang lebih terjangkau daripada city car.

KTB menganggap city car sangat penting dalam menjaga kompetisi di pasar otomotif nasional. Pertumbuha­n pasarnya juga menggembir­akan. Selain sebagai mobil pertama, mobil kota kini menjadi kendaraan pelangkap untuk menunjang aktivitas harian.

”Pemilik MPV dan vehicle butuh mobil tambahan untuk aktivitas anggota keluarga. Pilihannya city car karena bentuknya kompak dan konsumsi bahan bakarnya efisien,” terang Imam. ”EfisiensiE­fisiensi dan ke kelincahan­n menjadi pertimbang­an utama ketika membeli imbuhnya.nya.

Selain n model dan warna yang lebih beragamera­gam jika dibandingk­an dengann MPV dan SUV, aspek keselamata­nmatan menjadi pertimbang­an utama tama calon konsumen. Fitur lainnyainn­ya adalah penunjang kegembiraa­nbiraan ( (gen/c5/noe) 5/noe) Suzuki Swift Daihatsu Sirion Kia All New Rio Nissan March

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? city car,” fun to drive). FAVORIT: Penyegaran pada New Honda Jazz membuat mobil itu mantap sebagai penguasa city car.
RAKA DENNY/JAWA POS city car,” fun to drive). FAVORIT: Penyegaran pada New Honda Jazz membuat mobil itu mantap sebagai penguasa city car.
 ?? M. ALI/JAWA POS ?? sport utility FEMININ: Desain mengalir New Nissan March melengkapi mesin 16 katup eks Grand Livina.
M. ALI/JAWA POS sport utility FEMININ: Desain mengalir New Nissan March melengkapi mesin 16 katup eks Grand Livina.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia