Jawa Pos

Tergiur Mencicipi Dosa Plus Mandi Matahari saat Main Kriket

Antusiasme Negeri Bollywood atas Kunjungan Pasangan William dan Kate Kunjungan Pangeran William dan pasanganny­a, Catherine Middleton, disambut hangat penduduk India. Keluarga Kerajaan Inggris itu mencoba berbagai hal me- narik di tanah Hindustan.

-

PANGERAN William antusias memperhati­kan alat yang bernama DosaMatic. Sesekali dia mengerutka­n kening, lalu diikuti dengan senyuman lebar saat melihat praktisnya alat tersebut. DosaMatic adalah alat pembuat dosa yang diproduksi Mukunda Foods, Mumbai, India.

Dosa di sini bukanlah kesalahan yang dibuat manusia, melainkan makanan sejenis

tapi asli dari India. Dengan alat itu, pembuatan dosa tak sulit. Cukup masukkan bahan ke dalam alat, lalu voila… Dosa yang hangat langsung jadi. Tertarik, William, yang awalnya hanya memperhati­kan, ingin mencoba membuat.

”Rasanya lumayan,” ujar William setelah mencicipi dosa buatan sendiri dengan alat DosaMatic kemarin (11/4). Namun, istrinya, Duchess of Cambridge, tidak percaya. Dia menolak ketika ditawari William untuk mencoba dosa buatannya.

Pasangan kerajaan yang dikaruniai dua anak itu sejak Minggu (10/4) memang melakukan kunjungan kenegaraan di India. Di Mumbai, mereka berjumpa dengan para pengusaha dan penemu, termasuk Eshwar Vikas, pencipta DosaMatic. Selain membuat dosa, William mencoba simulator mobil balap.

”Saya dan Catherine sangat terkesan dengan energi dan ide-ide yang baru saja kami lihat. Dengan melihatnya sendiri hari ini, jelas bahwa India tengah membangun jalan dalam inovasi dan teknologi di berbagai bidang,” ucap William.

Minggu lalu pasangan itu sempat bermain kriket dengan anak-anak kurang mampu dalam pertanding­an amal. Bocah-bocah yang mendapatka­n kesempatan istimewa tersebut adalah asuhan tiga lembaga non pemerintah, yakni Magic Bus, Childline, dan Doorstep. Dalam acara itu, ada juga legenda kriket India Sachin Tendulkar. Pasangan itu juga menyempatk­an diri untuk meletakkan karangan bunga di monumen perang nasional India di New Delhi.

Malamnya, mereka menghadiri Bollywood Charity Gala yang diadakan British High Commission (setara kedutaan besar) dan British Asian Trust di Hotel Taj Mahal Palace, Mumbai. Acara itu dihadiri artis-artis papan atas Bollywood seperti Aishwarya Rai Bachchan dan Shah Rukh Khan. Kate –sapaan Catherine Middleton– tampak cantik dalam balutan busana biru yang dipadukan dengan anting dan tas senada.

Selama kunjungan di India, pasangan suami istri itu disambut antusias oleh warga setempat. Penyebabny­a mungkin sejarah yang menghubung­kan kedua negara. Negeri Bollywood itu pernah diduduki Inggris. Banyak penduduk India yang mengeluelu­kan keluarga Kerajaan Inggris.

Salah satu pengemar William dan Kate yang beruntung adalah Boman Kohinoor, 93. Pemilik Parsi Cafe itu mengaku sebagai penggemar berat pasangan tersebut. Demi bertemu William dan Kate, dia berkampany­e di media sosial dengan tanda pagar (tagar) #WillKatMee­tMe. Pasangan muda itu akhirnya menemui Kohinoor Minggu petang lalu, setelah Wiliam melihat tagar tersebut.

”Yang Mulia sangat tersentuh dan mengundang­nya (Kohinoor, Red) ke hotel sebelum makan malam untuk acara amal,” ujar pihak Istana Kensington melalui akun Twitter resmi kemarin. Pihak istana juga merilis foto William dan Kate bersama Kohinoor.

Setelah mengunjung­i Mumbai, William terbang ke New Delhi. Pemerintah India mengadakan makan malam untuk merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth meski sejatinya hari lahir sang ratu adalah 21 April.

William dan Kate hari ini dijadwalka­n bertemu dengan PM India Narendra Modi, dilanjutka­n dengan kunjungan ke Taman Nasional Kaziranga untuk melihat badak. (AFP/Reuters/CNN/sha/c11/ami)

 ?? REUTERS/DANISH SIDDIQUI ?? LAWATAN RESMI KE INDIA: William menikmati dosa atau pancake, sedangkan Kate Middleton hanya melihat.
crepe,
REUTERS/DANISH SIDDIQUI LAWATAN RESMI KE INDIA: William menikmati dosa atau pancake, sedangkan Kate Middleton hanya melihat. crepe,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia