Jawa Pos

22 Mobil Pemadam Jinakkan Api di Pasar Atom

Kebakaran Merambat Cepat, Tiga Ruko Hangus

-

SURABAYA – Kebakaran hebat melanda tiga ruko di kompleks Pasar Atom, Jalan Siaga, Surabaya, Senin malam (11/4). Sebanyak 22 mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Surabaya dikerahkan ke lokasi.

Berdasar keterangan Buma Vireksa, petugas pemadam kebakaran, titik api ditengarai berasal dari lantai 2 Toko Apollo sekitar pukul 17.00. Api dari toko yang berisi produk celana itu cepat membesar. ”Api membakar material kain yang sangat mudah terbakar,” ucap Buma di lokasi kejadian.

Api lantas merambat dari lantai 2 ke lantai 1 dan 3

Bahkan, karena saking ganasnya nyala api, toko yang berada di kanan dan kiri Apollo, yakni toko tas dan bahan kimia, ikut terbakar. ”Api yang cepat merambat membuat kami harus melakukan isolasi agar api tidak menyebar ke toko di sebelahnya,” kata Buma sembari tersengal mengambil napas setelah pemadaman.

Untuk mengisolas­i api, petugas menggunaka­n bantuan sky

walker. Sebab, kondisi ruko yang berimpit dan tanpa sekat membuat petugas harus mengguyurk­an air dari atas gedung. ”Kami juga memecahkan kaca ruko yang terbakar agar dapat menyemprot­kan air ke dalamnya,” papar petugas bertubuh mungil itu.

Cara tersebut cukup berhasil. Berdasar pantauan Jawa Pos di lokasi kebakaran sekitar pukul 20.00, api sedikit demi sedikit dapat dikendalik­an. Setengah jam berikutnya petugas berhasil memadamkan api dan melakukan upaya pendingina­n.

Melissa, 50, pemilik toko tas di samping Apollo yang juga ikut dilalap si jago merah, mengatakan meninggalk­an tokonya pada pukul 17.00 untuk pulang ke kediamanny­a di kawasan Wiyung. ”Belum nyampai rumah, saya sudah dikasih tahu kalau toko kebakar, saya ngebut balik, lihat toko saya,” terang perempuan paro baya yang memakai baju berwarna pink itu.

Dia juga mengatakan, tidak ada yang aneh saat dirinya menutup toko. Dia juga mematikan seluruh sambungan listrik di tokonya. ”Saya tinggal, semua masih baikbaik saja. Lha kok pas saya balik, udah kebakar gini,” ucap dia.

Sementara itu, Kapolres Tanjung Perak AKBP Arnapi yang ikut memantau lokasi menjelaska­n telah menerjunka­n personel untuk menetralka­n lokasi. ”Dari mulai sabhara hingga lantas kami kerahkan,” ucap Arnapi.

Satlantas Polres Tanjung Perak juga telah mengalihka­n arus lalu lintas di jalan sekitar Pasar Atom. Sedangkan petugas sabhara yang diterjunka­n langsung berjaga di lokasi, mencegah warga yang mendekat untuk menghindar­i kecelakaan serta mengantisi­pasi penjarahan. (all/c11/agm)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PADAMKAN API: Petugas pemadam menyemprot­kan air di lokasi kebakaran ruko, kompleks Pasar Atom, Jalan Siaga, Surabaya, tadi malam.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PADAMKAN API: Petugas pemadam menyemprot­kan air di lokasi kebakaran ruko, kompleks Pasar Atom, Jalan Siaga, Surabaya, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia