Jawa Pos

Pembongkar­an Kantor Kelurahan Mojo Dimulai

-

GUBENG – Kantor Kelurahan Mojo bakal semakin nyaman. Sebab, Pemkot Surabaya merenovasi kantor kelurahan yang berada di Jalan Kalidami itu. Kemarin (7/4) pengerjaan renovasi mulai dilaksanak­an. Sejumlah pekerja membongkar bangunan lama Kelurahan Mojo.

Kepala Bidang Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (DPUCKTR) Surabaya Lilik Arijanto mengatakan, pengerjaan yang akan dilakukan untuk Kantor Kelurahan Mojo adalah renovasi total. Tahun ini pemkot mengucurka­n anggaran Rp 2,1 miliar melalui APBD Surabaya 2016 untuk renovasi tersebut.

Renovasi Kantor Kelurahan Mojo baru dilakukan akhir Maret. Sebab, lelang proyek renovasi kantor kelurahan di Kecamatan Gubeng tersebut dilaksanak­an sejak 9 Februari. Selanjutny­a, penandatan­ganan kontrak dengan rekanan pemenang lelang dilakukan pada 11 Maret.

Lilik menuturkan, Kantor Kelurahan Mojo bakal dibongkar. Selanjutny­a, DPUCKTR membangun gedung dua lantai di sana. ”Kami bongkar ulang, lalu ditambah satu lantai,” ujarnya.

Setelah tuntas, imbuh dia, lantai 1 Kantor Kelurahan Mojo dijadikan ruang pelayanan. Sedangkan gedung lantai 2 difungsika­n untuk menyimpan berkas dan ruang untuk tiap seksi. ”Tidak ada pelebaran. Soalnya, lahan di sana juga terbatas,” kata Lilik kemarin.

Dia menambahka­n, renovasi Kantor Kelurahan Mojo bertujuan memberikan kenyamanan kepada warga. Sebab, selama ini kantor tersebut sempit. Ruang pelayanan, ruang staf, dan penyimpana­n berkas bergabung menjadi satu. ”Setelah direnovasi, lantai 1 khusus pelayanan. Jadi, lumayan luas,” ucapnya.

Selama renovasi berlangsun­g, pe layanan Kelurahan Mojo pindah. Saat ini mereka menem pati ge dung eks Kantor Dis pen dukcapil Surabaya di Jalan Manyar Ker toarjo Nomor 6. Untuk memu dahkan warga, petugas kelurahan juga telah memasang pengumuman di kantor lama serta papan pemberitah­uan di gedung eks kantor dispen dukcapil. ( rst/ c7/ nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia