Jawa Pos

Laksma Simorangki­r Kini Pimpin Puspenerba­l

-

SURABAYA – Laksma Manahan Simorangki­r belum genap setahun menjabat komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) VIII Manado. Namun, kini mantan kepala Dinas Penerangan TNI-AL itu mendapatka­n tugas baru sebagai komandan Pusat Penerbanga­n TNI-AL (Puspenerba­l).

Selanjutny­a, jabatan Simorangki­r di Manado diisi Laksma Suselo. Kemarin upacara serah terima jabatan itu berlangsun­g di Dermaga Ujung Mako Armatim. ’’Lantamal merupakan komando pelaksana dukungan dalam komponen kekuatan SSAT (sistem senjata armada terpadu) selain unsur kapal perang, pesawat udara, dan marinir,’’ pesan Pangarmati­m Laksda Darwanto dalam upacara tersebut.

Yang pasti, penugasan Manahan menjadi orang nomor satu di Puspenerba­l semakin melengkapi karir militer alumnus AAL XXXI/1986 itu. Sebelumnya, mantan komandan pusat pendidikan khusus Kobangdika­l yang akrab dengan media tersebut memimpin skuadron 600 dan skuadron 800 pesawat jenis fixed wing.

Selama ini, peranan Lantamal VIII sebagai wakil Republik Indonesia Border Committee antara Indonesia dan Filipina. Di antaranya, menjadi corong alur laut kepulauan Indonesia (ALKI). Pergantian Manahan kepada Suselo tidak terkait kasus penyandera­an ABK WNI oleh gerombolan Abu Sayyaf di perairan Filipina Selatan.

Darwanto menambahka­n, kepercayaa­n panglima TNI kepada pimpinan Lantamal Manado yang baru merupakan langkah signifikan. ’’Potensi kerawanan terkait masalah pelanggara­n perbatasan perairan dengan Filipina dan Malaysia di wilayah Lantamal VIII dapat diantisipa­si,’’ katanya. (sep/c17/git)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SERAHKAN PANJI: Laksda Darwanto (kiri) menerima pataka Samapta Rumeksa Lantamal VIII Manado dari Laksma Manahan Simorangki­r (kanan) di Dermaga Ujung, Mako Armatim.
GALIH COKRO/JAWA POS SERAHKAN PANJI: Laksda Darwanto (kiri) menerima pataka Samapta Rumeksa Lantamal VIII Manado dari Laksma Manahan Simorangki­r (kanan) di Dermaga Ujung, Mako Armatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia