Jawa Pos

Drama Musikal Penuh Nostalgia

-

BAGI Anda yang rindu dengan pergaulan era 1980-an, film Sing

sangat cocok untuk ditonton. Genre drama musikal dipilih karena obsesi sang sutradara, John Carney. Tapi ternyata, Carney sempat menyembuny­ikan fakta tersebut. ’’Anak muda zaman sekarang ’takut’ mendengar kata ’ musikal’,’’ ucap Carney kepada

Mengambil latar belakang Kota Dublin, Irlandia, bercerita tentang seorang bocah laki- laki, Cosmo (Ferdia Walsh-Peelo), yang membentuk sebuah band dengan teman- temannya demi menarik perhatian gadis yang dia suka.

Cosmo adalah anak yang cerdas, tapi introver. Orang tuanya berencana untuk berpisah. Demi menutupi kesedihan, sang adik Ann (Kelly Thornton) dan sang kakak Brendan ( Jack Reynor) selalu bercanda dan tertawa. Sayangnya, kemalangan Cosmo tidak kunjung reda. Saat sedang mengalami kesulitan uang, dia dipindahka­n ke sekolah privat.

Di sekolah barunya, Cosmo dibully karena pakaiannya dianggap tidak Apalagi, 1980-an merupakan era kejayaan Karena itu, Cosmo pun merombak penampilan­nya dan mengecat rambutnya menjadi pirang.

Jika dilihat dari segi ide cerita, Sing Street memang tidak ’’ wow’’ bila dibandingk­an dengan film-film box

Apalagi, pengambila­n gambar yang dilakukan dengan dan banyak mengambil lokasi pinggir jalan membuat film tersebut terasa sangat riil. Selain kehidupan Cosmo, Carney fokus pada pembuatan lagu yang dilengkapi sentuhan emosional.

Tidak heran jika sutradara yang juga menggarap (2007) dan

(2013) itu berhasil membawa pemirsa bernostalg­ia. nya di IMDb pun mencapai 8,2 sebelum ditayangka­n serentak pada 15 April. (imdb/irish times/msh/c23/rat)

 ?? LIVEFORFIL­MS ?? BACK TO 80’S: Genre musikal dipilih karena obsesi sang sutradara. Latar belakang Kota Dublin dan setting 1980-an berhasil membuat penonton bernostalg­ia.
Wall Street Journal.
Sing...
LIVEFORFIL­MS BACK TO 80’S: Genre musikal dipilih karena obsesi sang sutradara. Latar belakang Kota Dublin dan setting 1980-an berhasil membuat penonton bernostalg­ia. Wall Street Journal. Sing...
 ??  ?? Street
Street

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia