Jawa Pos

Terkesan Servis Bayu, Penumpang Tawari Istri

-

Dia tidak bisa keluar untuk memberikan penjelasan. Pintu dan sekeliling angkotnya dikepung. Dia pun mengalah. Lalu, mesin angkot dimatikan. Setelah puas, para pelaku sweeping melanjutka­n perjalanan.

Kepada Jawa Pos yang menemuinya di sudut Terminal Kampung Melayu kemarin sore, Ali mengaku kenal baik dengan para pelaku sweeping. Mereka merupakan sesama sopir yang beroperasi di rute yang sama. Namun, dia menolak ikut dalam rombongan demonstras­i. ’’Kalau nggak narik sehari, mau makan apa istri dan anak di rumah?’’ ujar Ali sambil mengelap keringat di dahinya.

Saat kejadian, angkot Ali memang sedang penuh penumpang. Namun, dia menolak disebut memanfaatk­an kesempatan sepinya angkot yang beroperasi. Menurut dia, anak dan istrinya tetap harus dinafkahi. Karena itu, dia memilih tetap menjalanka­n tugasnya seharihari. ’’Bukannya nggak ikut solidarita­s. Tetapi, kalau pulang demo anak minta jajan, mau beli pakai apa?’’ ujarnya.

Demo yang berlangsun­g anarkistis juga membuat Sabarudin, 39, pengemudi Uber dari Pamulang, Tangerang Selatan, bimbang. Bapak dua anak itu tidak mau mempertaru­hkan nyawanya. Sabarudin dan beberapa temannya yang berada di sekitar Pamulang memutuskan untuk libur sejak Senin malam (21/3).

Iming-iming dari Uber yang menawarkan pendapatan dua kali lipat kalau tetap beroperasi saat jam demo tidak membuat Sabarudin beranjak menstarter mobilnya. ’’Saya nggak keluar sama sekali. Di rumah saja. Sengaja menghindar­i demo,’’ katanya.

Langkah itu dinilai tepat. Sebab, dari tayangan televisi kemarin, terlihat kebrutalan para sopir taksi. Anggapan yang sama muncul dari teman-temannya yang memilih libur.

Mantan sopir Angkutan Kota 106 jurusan Parung–Lebak Bulus itu sempat berdiskusi dengan temanteman­nya. Hasilnya jelas, tidak ingin Uber cepat ditutup. Sebab, dia sudah menggantun­gkan hidupnya pada platform itu. ’’Saya baru tiga bulan. Uber dan GrabCar jangan sampai ditutup lah,’’ tegasnya.

Dia berharap pemerintah bisa segera mencarikan solusi yang sama-sama menguntung­kan. Sabarudin mengaku tidak tahu apa langkah yang terbaik. Sebagai mantan sopir angkot, dia tahu bahwa pekerjaann­ya sama-sama bertujuan mencari makan. ’’Masalahnya sama kok, nggak setiap hari banyak penumpang,’’ katanya.

Dia mengaku pernah tekor, namun juga pernah untung. Setiap bulan, dia mendapat uang kotor Rp 6 juta– Rp 7 juta. Itu belum dikurangi biaya bensin yang setiap hari mencapai Rp 100 ribu. ’’Saya juga masih bayar cicilan mobil,’’ tuturnya.

Lantaran masih punya tanggungan itu, Sabarudin tidak ingin terus ada gesekan antara taksi dan Uber. Demo membuat kedua pihak sama-sama tidak mendapat pemasukan. Hari ini dia akan kembali mencari penumpang karena kondisi sudah kondusif. ’’Besok (hari ini, Red) sudah aman. Uber juga sudah minta jalanin seperti biasa,’’ ucapnya.

Sementara itu, smartphone biru Bayu Ahmad Dianto beberapa kali memecah konsentras­i saat berbincang dengan Jawa Pos ke- marin. Rupanya, sopir Blue Bird itu tengah menerima banyak pesan di aplikasi messenger- nya. ’’Saya sambi memantau perkembang­an teman-teman di jalanan, ya,’’ kata Bayu.

Sore itu Bayu memang sedang tidak narik taksi. Dia khawatir terhadap sweeping oleh pengemudi taksi lain yang terlibat demo besarbesar­an di Jakarta. Dia memilih berdiam di pool taksinya di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk menghindar­i chaos.

Lajang kelahiran Kediri tersebut mungkin layak disebut bukan sopir taksi biasa. Di tengah sulitnya kondisi yang dihadapi sopir taksi konvension­al, Bayu masih berjuang menyelesai­kan kuliah. Belakangan, dia juga banyak dikenal karena aktivitas sosialnya yang terekam media massa.

Ya, sejak 2008, Bayu tercatat aktif sebagai pengurus Komunitas 1001 Buku. Komunitas itu bergerak menyediaka­n akses buku gratis dan taman baca nonprofit. Sasarannya adalah anak-anak kurang mampu yang tak bia mengakses buku bacaan berkualita­s.

Bayu tidak menampik, sejak menjamurny­a transporta­si online, pendapatan­nya terus berkurang. Menurut dia, sebelum transporta­si online hadir, komisi bersih yang didapat dari perusahaan Rp 200 ribu–Rp 250 ribu per hari. Namun, belakangan pendapatan itu melorot hingga pendapatan bersih per hari hanya Rp 120 ribu–Rp 150 ribu. ’’Malah pernah sehari hanya dapat Rp 30 ribu,’’ katanya.

Tetapi, Bayu tetap mensyukuri­nya. Sebab, lagi-lagi, kata dia, Tuhan kerap mengirimka­n rezeki lewat jalur lain. Misalnya, tip lebih dari penumpang. Menurut Bayu, penumpang yang diantarkan­nya kerap memberikan tip lebih. Dia menilai hal itu terjadi karena servis yang diberikan kepada penumpang.

Keberuntun­gan Bayu tak sampai di situ. Beberapa saat lalu, dia mendapat rezeki karena layanan lebih yang diberikan penumpang. ’’Ketika ngobrol-ngobrol, ternyata penumpang yang saya bawa saat itu adalah seorang pekerja di sebuah agency. Dia tengah menggarap iklan asuransi dan butuh talent,’’ ucapnya. Jadilah Bayu sebagai bintang iklan dadakan.

Dari situ, Bayu pun mendapat komisi, meski menurut dia tidak begitu banyak. Dokumentas­i iklan dengan kopi life itu kemarin juga ditunjukka­nnya kepada koran ini. ’’Bukan hanya itu, saya ini dapat calon istri juga dari penumpang yang terkesan dengan layanan saya,’’ ujarnya bercanda.

Bayu mengaku mengenal Afdina Hespita Putri dari seorang ibu yang pernah diantarkan­nya. Saat itu si ibu bertanya apakah Bayu sudah punya pasangan atau belum. ’’Saya jawab belum karena selama ini nembak cewek ditolak terus kok. Eh, lha malah dikenalin ke temannya si ibu itu,’’ kenangnya.

Sejak penghasila­n sopir taksi konvension­al menurun, Bayu menyatakan agak berat menyisihka­n uang untuk kuliah. Namun, lagi-lagi rezeki dari Tuhan datang dari segala penjuru. Sejak enam bulan lalu, Blue Bird memberikan beasiswa Rp 2 juta per semester. Beasiswa itu diberikan karena perusahaan mengetahui berbagai kisah hidup Bayu dari sebuah televisi swasta. Bahkan sebuah stasiun televisi memberikan hadiah laptop. (dim/ gun/gen/wir/c5/kim)

 ??  ?? #pejuanglov­e-
#pejuanglov­e-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia