Jawa Pos

Data Pemkab Beda dari Fakta Lapangan

Hasil Sidak DPRD Terkait Minimarket

-

SIDOARJO – Informasi banyaknya minimarket tanpa izin bukan sekadar isapan jempol. Fakta di lapangan menunjukka­n, jumlah minimarket yang beroperasi lebih banyak dari data yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

Hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Komisi A DPRD Sidoarjo menguatkan informasi tersebut. Kemarin (28/12) mereka melakukan sidak minimarket-minimarket di kawasan Prambon dan Tarik. Minimarket di Balongbend­o juga tidak luput dari perhatian mereka.

’’ Ternyata jumlahnya jauh lebih banyak daripada data yang diberikan kepada kami,’’ ungkap Wakil Ketua Komisi A Kusman. Legislator asal PKS itu mencontohk­an, data yang dibeberkan dinas koperasi, UKM, perindustr­ian, perdaganga­n, dan ESDM tentang minimarket di Prambon. Dalam data tersebut, minimarket di Prambon enam unit. Namun, fakta di lapangan menunjukka­n bahwa minimarket di wilayah tersebut delapan unit.

Fakta di Tarik tidak jauh berbeda. Berdasar data, terdapat tiga minimarket di wilayah tersebut. ’’Di lapangan justru ada tujuh,’’ kata Kusman.

Sementara itu, di Balongbend­o, pemkab menyebut hanya ada empat minimarket. Namun, berdasar tinjauan di lapangan, komisi A menemukan sembilan minimarket.

Perbedaan data dengan fakta di lapangan itu menunjukka­n adanya minimarket yang tidak mengantong­i izin alias bodong. Saat sidak, komisi A mengunjung­i lima minimarket. Empat unit di Prambon dan satu unit di Tarik. Dua minimarket di Prambon berlokasi di Bulang, satu unit di Simpang, dan satu lagi di dekat Pasar Prambon. ’’Saat kami sidak, semua tidak bisa menunjukka­n atau menyebutka­n izin operasinya,’’ ujar Sekretaris Komisi A DPRD Sidoarjo Saiful Ma’ali.

Bukan hanya tidak memiliki izin, satu minimarket juga menyalahi aturan. Yakni, minimarket di depan Pasar Prambon. Sebab, toko tersebut berdiri di depan pasar. Aturannya, minimarket harus berdiri minimal 300 meter dari pasar tradisiona­l.

Dari temuan tersebut, dalam waktu dekat dewan berencana memanggil manajemen minimarket untuk dimintai klarifikas­i. ’’Lewat itu, kami ingin tahu berapa jumlah pasti minimarket yang mereka dirikan dan berapa yang berizin,’’ kata Kusman. ( fim/c4/fal)

 ?? MIFTAKHUL FAHAMSYAH/JAWA POS ?? SIDAK: Rombongan Komisi A DPRD Sidoarjo mengecek perizinan minimarket kemarin.
MIFTAKHUL FAHAMSYAH/JAWA POS SIDAK: Rombongan Komisi A DPRD Sidoarjo mengecek perizinan minimarket kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia