Jawa Pos

Hari Ini Uji Coba TL Jalan Kenjeran

-

BULAK – Kendaraan dari arah Jalan Sukolilo Larangan tidak bisa langsung menuju ke Jalan Raya Tempurejo. Sebab, dinas perhubunga­n (dishub) telah memasang traffic light (TL) di perempatan Jalan Kenjeran. Mulai hari ini (29/12), alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) itu difungsika­n.

TL di perempatan Jalan Kenjeran telah dipasang pekan lalu. Meski demikian, dishub tidak kunjung memfungsik­annya. ’’Nah, besok itu mulai diuji coba,’’ ujar Plt Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat kemarin (28/12). Dalam uji coba tersebut, dishub juga mengajak pihak kecamatan, kelurahan, dan polsek.

Saat ini kondisi lalu lintas di perempatan Jalan Kenjeran semrawut. Kendaraan dari Jalan Kenjeran bebas belok ke Jalan Tempurejo, Jalan Sukolilo Larangan, maupun lurus ke akses menuju Pakuwon City. Akibatnya, sering terjadi crossing di perempatan tersebut.

Rencananya, TL di Jalan Kenjeran dibuat empat fase. Setiap kendaraan, baik dari Jalan Kenjeran, Jalan Sukolilo Larangan, Jalan Raya Tempurejo, maupun Jalan Kenjeran Pakuwon City, harus mengikuti TL saat melintasi perempatan.

Irvan mengungkap­kan, pengoperas­ian TL di perempatan Jalan Kenjeran masih bersifat uji coba. Pihaknya bakal terus melakukan evaluasi sepekan mendatang. Khususnya menghitung waktu tunggu TL.

Selain di perempatan Jalan Kenjeran, dis hub memasang TL di pertigaan Jalan Bin tang Diponggo, depan pusat per belanjaan Ciputra World, Jalan Gembong Te basan, dan Jalan Rungkut Industri. Namun, dia menyebutka­n, empat TL tersebut baru dioperasik­an awal 2016.( rst/ c15/ nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia