Jawa Pos

Dewan Habiskan Rp 12,8 M

Untuk Kunker-Konsultasi

-

MAKASSAR – Dua agenda DPRD Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sepanjang 2015 memakan biaya yang tidak sedikit. Kegiatan tersebut menghabisk­an Rp 12,8 miliar. Biaya itu habis untuk kunjungan kerja (kunker) dan konsultasi.

Sebanyak 50 anggota dewan melakukan 13 kali kunker dan menghabisk­an dana sekitar Rp 8,4 miliar. Untuk konsultasi, mereka melakukann­ya delapan kali dan menghabisk­an biaya sekitar Rp 4 miliar.

Hal itu diutarakan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan DPRD Kota Makassar Alimuddin Hamja kemarin. Menurut dia, selama ini kunker dan konsultasi dewan telah dianggarka­n dalam setiap penganggar­an APBD. ’’Alat kelengkapa­n dewan mulai badan legislasi (baleg), badan anggaran (banggar), badan musyawarah (bamus), hingga komisi masing-masing dua kali kunker,’’ katanya kepada Fajar ( Jawa Pos Group).

Namun, untuk pansus, tambah dia, dari sembilan yang dianggarka­n, hanya tiga kali yang terealisas­i. Yakni, perda pemekaran, RTRW, bantuan hukum, dan pengelolaa­n limbah air domestik.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Kota Makassar Adwi Umar menerangka­n, anggaran untuk 50 anggota dewan selama setahun kurang lebih Rp 10 miliar. Anggaran itu digunakan untuk 13 kali perjalanan.

’’Kalau dihitung-hitung, sekali perjalanan kurang lebih menghabisk­an Rp 652 juta. Itu sudah termasuk tiket perjalanan, makan minum, hotel, dan uang saku. Di luar hal tersebut ditanggung dewan sendiri,’’ ujarnya.

Selain itu, setiap anggota dewan mendapatka­n jatah Rp 10 juta. Sementara itu, empat pimpinan mendapatka­n jatah lebih besar, yakni Rp 13 juta per kunjungan. ’’ Tahun depan, anggaran untuk konsultasi dewan Rp 7 miliar dan kunker kelengkapa­n dewan Rp 8 miliar. Itu sudah termasuk stafnya,’’ ungkap Adwi. (fad/JPG/c17/diq)

Kalau dihitunghi­tung, sekali perjalanan kurang lebih menghabisk­an Rp 652 juta. Itu sudah termasuk tiket perjalanan, makan minum, hotel, dan uang saku.’’

Adwi Umar,

Sekretaris Dewan Kota Makassar

 ?? HATOMI/BABEL POS/JPG ?? LIMA HARI DIBURU: Buaya sepanjang 4,20 meter ditangkap warga di perairan Sungai Ulim, Bangka Selatan, kemarin (28/12).
HATOMI/BABEL POS/JPG LIMA HARI DIBURU: Buaya sepanjang 4,20 meter ditangkap warga di perairan Sungai Ulim, Bangka Selatan, kemarin (28/12).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia