Jawa Pos

BRI Fokus ke UMKM Produktif

-

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus berfokus untuk menyalurka­n kredit usaha rakyat (KUR) kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sektorsekt­or yang produktif.

Pemimpin Wilayah BRI Jakarta 1 Budi Satria mengungkap­kan bahwa penyaluran kredit itu mendukung program pemerintah untuk membangun Indonesia melalui pemerataan ekonomi. ’’Karena itu, kami berupaya berfokus kepada sektor-sektor yang produktif,’’ ujarnya. Itu disampaika­n di sela-sela acara penandatan­ganan MoU ( memorandum of understand­ing) penyaluran KUR kepada 120 pengusaha angkutan roda tiga dan 120 perajin tahu tempe di Jakarta, Senin (28/12).

Budi berujar bahwa penyaluran KUR kepada pengusaha angkutan roda tiga maupun peajin tahu dan tempe karena dua sektor tersebut dianggap cukup penting bagi keseharian masyarakat. Tahu dan tempe masih menjadi bahan pangan pokok bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dia menambahka­n, potensi penyaluran KUR kepada pengusaha angkutan roda tiga memiliki peluang terbuka. Itu sekaligus mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menciptaka­n moda transporta­si yang nyaman, aman, dan mudah diakses. Bentuknya melalui peremajaan angkutan roda tiga lama atau dikenal dengan bajaj merah.

’’Bajaj merah yang belum diremajaka­n hingga Desember 2015 terdapat sekitar 3.000 unit dari total peremajaan tahap pertama 7.000 unit. Hal ini merupakan potensi yang cukup menguntung­kan,’’ urainya. Dia memerinci bahwa penyaluran KUR di BRI wilayah Jakarta I hingga saat ini mencapai Rp 201.735 miliar. Nominal tersebut, lanjut dia, diberikan kepada 9.308 penerima KUR di wilayah yang dipimpinny­a. (dee/c4/tia)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia