Jawa Pos

Terinspira­si Sukses Andik

Pemain Liga Indonesia Lirik Tim-Tim Malaysia

-

JAKARTA – Kompetisi Malaysia Super League, rupanya, menjadi destinasi baru bagi pesepak bola tanah air. Itu terlihat dari banyaknya pemain yang saat ini mencari peruntunga­n di negeri jiran itu setelah kompetisi sepak bola tanah air tidak juga menunjukka­n tanda-tanda bergulir.

Setelah pemain Persib Bandung Achmad Jufriyanto dan Dedi Kusnandar serta mantan pemain Pusamania Borneo FC (PBFC) Oktovianus Maniani yang pernah mengikuti seleksi di sana, kini sejumlah pemain lain ingin menyusul. Mereka adalah Tony Sucipto yang juga penggawa Persib serta bek Persipura Jayapura Victor Pae.

Hanya, dua pemin itu mengambil langkah berbeda dari pemain lainya. Yakni, bersikap pasif alias menunggu bola. Victor mengatakan, dirinya akan menerima tawaran dari tim-tim Malaysia bila ada yang berminat untuk menggunaka­n tenaganya. ’’Kalau ada permintaan, pasti saya terima. Apalagi, kondisi sepak bola saat ini tidak menentu,’’ ujarnya.

Bahkan, mantan pemain Persija Jakarta itu mengatakan tidak hanya dari tim asal Malaysia, namun juga negara-negara lain yang membutuhka­n tenaganya. Sebab, hanya dengan menerima tawaran untuk bermain di luar Indonesia sangat besar kesempatan mereka mengembang­kan karir di sepak bola.

Hal senada diungkapka­n Tony Sucipto yang juga memendam ambisi kuat untuk bermain di Malaysia. Kesuksesan Andik Vermansyah mengantark­an Selangor FA menjuarai Piala Malaysia 2015 sedikit banyak menjadi inspirasi. ’’Persib masih menjadi yang utama. Tapi, kalau melihat kondisi sepak bola tanah air seperti ini, saya juga ingin bermain di luar,’’ ucapnya.

Dalam perkembang­an yang sama, salah seorang striker Persipura Jayapura Lancine Kone saat ini sudah menjalani latihan bersama salah satu tim asal Malaysia T-Team FC. Bergabungn­ya Kone di tim tersebut sekaligus melengkapi tiga pemain asing lain yang pernah merumput di Indonesia, Makan Konate, Abdoulaye Maiga, dan Rohit Chand, di tim besutan Rahmad Darmawan (RD) tersebut. ( ben/c4/ko)

 ?? GUNTUR AGA TIRTANA/JAWA POS RADAR JOGJA ?? TUNGGU PULIH: Kapten PBFC Hamka Hamzah (kanan) berebut bola dengan pemain Surabaya Utd Pedro Javier dalam laga babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharj­o, Sleman, Jogjakarta (13/12).
GUNTUR AGA TIRTANA/JAWA POS RADAR JOGJA TUNGGU PULIH: Kapten PBFC Hamka Hamzah (kanan) berebut bola dengan pemain Surabaya Utd Pedro Javier dalam laga babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharj­o, Sleman, Jogjakarta (13/12).
 ?? SUHARTO/JAWA POS RADAR MALANG ?? IKUT SELEKSI: Lancine Kone.
SUHARTO/JAWA POS RADAR MALANG IKUT SELEKSI: Lancine Kone.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia