Jawa Pos

Warna Cerah dari Buah-buahan

Dessert Meriah untuk Tahun Baru Pesta tahun baru cocok dirayakan dengan menyajikan menu Tidak hanya kaya warna, tetapi juga kaya rasa. Serasa siap menyambut tahun dan hari yang baru.

-

colorful.

MENU yang berwarna-warni lebih menarik dari segi penampilan. Hanya, sering kali ditambahka­n pewarna buatan. Kandungan pewarna buatan yang terlalu banyak tentu tidak baik. Karena itu, pewarna alami seperti buah-buahan bisa dijadikan alternatif yang lebih menyehatka­n.

Dua pastry chef dari Hotel Ciputra World Surabaya, N. Hafifah dan Purbo Wibisono, memberikan referensi menu untuk disajikan saat pesta tahun baru. ’’Kami lebih banyak menggunaka­n pewarna alami. Pewarna buatannya hanya sedikit,’’ ujar Purbo.

Jenis menu yang disajikan berupa dessert. Dessert tidak hanya didominasi rasa manis. Namun, ada pula asam dan sedikit gurih karena kandungan mentega ( butter).

Yang pertama diberi nama rainbow mille-feuille. Sesuai dengan namanya, menu itu berupa lapisan butter sheet dan krim warna-warni yang menarik. Untuk rasa, ia terasa manis dari gula dan pewarna buah, sedikit asin dari butter, serta sedikit asam dari lemon juice. ’’ Kalau mau pakai pewarna buatan, boleh. Tapi, sedikit saja,’’ terang Purbo.

Dua menu berikutnya berbahan dasar mangga. Ada cotta dan Warna kuning dihasilkan buah mangga itu sendiri. ’’Kalau pakai mangga asli yang dijadikan cita rasanya alami dan warnanya menarik,’’ jelas Purbo. Selain itu, kandungan rasa asam dari mangga bisa mengimbang­i rasa manis atau krim yang dapat membuat enek.

Nah, meski bentuknya padat, akan lembut di lidah karena kandungan krim. ’’ cocok dihidangka­n dingin,’’ ujar Purbo. Rasanya merupakan perpaduan manis-asam dari mangga, gula, dan

Bagi yang menggemari kue kering sebagai menu bisa dijadikan pilihan. Rasanya yang seperti kue sus kering, yakni asin khas butter, ternyata cocok dipadukan dengan cokelat. ’’ Tidak ada kandungan gula karena nanti rasa manisnya sudah diwakili cokelat,’’ ungkap Purbo. Agar warnanya lebih menarik, choc éclair disajikan bersama buah segar seperti stroberi atau peach. (len/c14/jan)

mangga Gula pasir Gelatin 200 gr 30 gr 20 gr

2 gr • Panaskan dan mendidih. • Masukkan gelatin, lalu aduk lagi. • Tuang dalam gelas. Dinginkan

dalam lemari pendingin. • Diamkan selama satu jam. • Sajikan dengan buah

sesuai selera.

gula pasir, mangga. Aduk sampai

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? mango panna mango mousse.
puree,
Mango mousse
whipping cream.
dessert,
mousse
choc éclair
garnish
BAHAN
CARA MEMBUAT
ANGGER BONDAN/JAWA POS mango panna mango mousse. puree, Mango mousse whipping cream. dessert, mousse choc éclair garnish BAHAN CARA MEMBUAT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia