Jawa Pos

Mendadak Mengantuk Berat

GangguanGa­nggu Kesehatan BernamaBer­nam Narkolepsi

-

SURABAYASU­RABAY – Mengantuk berlebihan tidaktida hanya terjadi kepada mereka yan yang kurang tidur. Namun, ada ganggu gangguan yang ternyata bisa mengakibat mengakibat­kan seseorang mengantuk berat. DuniaD medis menyebutny­a narkolepsi.narkole ’’Itu suatu keadaan yang terjad terjadinya serangan kantuk mendadak dand terasa hebat sekali. Pada saat itu, kesadarann­ya menurun,’’ kata Prof dr Hendy M. Margono SpKJ (K).

Dokter spesialis kesehatan jiwa di Siloam Hospitals Surabaya itu menjelaska­n, para penderita narkolepsi tidak akan bisa menahan serangan kantuk. Akhirnya, mereka bakal tertidur pulas dalam beberapa waktu.

Mengantuk kemudian tidur memang tidak salah. Tapi, yang membahayak­an adalah serangan itu terjadi saat seseorang sedang melakukan aktivitas. Misalnya sedang menyetir kendaraan. Itu pasti membahayak­an. ’’Terjadinya itu mendadak ya. Setelah itu, dia tidur nyenyak, mak pluk gitu,’’ ucap Hendy menggambar­kan seseorang yang langsung tertidur lelap.

Seseorang dengan narkolepsi tidak akan ingat ketika mengalami serangan mengantuk hingga tertidur pulas itu. Hendy mengatakan, serangan mengantuk hebat tersebut biasanya berlangsun­g dalam hitungan detik sampai menit. ’’Kadang-kadang hanya setengah menit atau satu menit. Ada juga yang sampai setengah jam,’’ ujarnya.

Alumnus Fakultas Kedokteran Unair itu menyebutka­n, penderita narkolepsi yang terbangun setelah tidur yang mendadak itu akan merasa segar. ’’Seperti kalau orang baru bangun tidur yang melek beneran itu lho,’’ lanjutnya.

Sampai saat ini, penyebab narkolepsi masih idiopatik. Itu berarti, belum pasti apa yang mengakibat­kan seseorang memiliki narkolepsi. Namun narkolepsi bisa dimasukkan sebagai gangguan tidur atau akibat dari epilepsi.

Bentuk pengobatan yang diberikan pun harus disesuaika­n dengan penderita. ’’Jika merasa sering ngantuk secara berlebih dan mendadak, segera saja ke dokter,’’ tuturnya. (lyn/c19/ayi)

 ?? GALIH COKRO/
JAWA POS ?? JOY OF CHRISTMAS: Nanda Maradona menjadi model make- make-up up Lady Santa karya
Devina.
UNIK: RismaRism (kiri) dan Lady Daniella menikmati lukisan Petek Sutrisno kemarin. Ciri khas lukisan buatan seniman Jogjakarta ini adalah mengolabor­asikan tokoh realis dengan imajinatif.
GALIH COKRO/ JAWA POS JOY OF CHRISTMAS: Nanda Maradona menjadi model make- make-up up Lady Santa karya Devina. UNIK: RismaRism (kiri) dan Lady Daniella menikmati lukisan Petek Sutrisno kemarin. Ciri khas lukisan buatan seniman Jogjakarta ini adalah mengolabor­asikan tokoh realis dengan imajinatif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia