Jawa Pos

Setelah Gigi Rontok 40 Tahun Lalu

- ILUSTRASI: HERI OWEL/JAWA POS

PERNAH bertengkar dengan saudara sendiri yang sampai membuat Anda memukul, menempelen­g, atau mendorongn­ya sampai jatuh dan terluka? Meski sudah lewat bertahun-tahun lalu, jangan merasa aman lho! Anda masih bisa dipenjara…kalau Anda tinggal di Inggris.

Contohnya Patrick Ackroyd. Seperti dilansir Daily Telegraph kemarin (16/11), Patrick baru saja divonis hukuman percobaan setahun karena kejahatan yang dilakukan 40 tahun lalu

Apa kejahatann­ya? Memukul saudara perempuann­ya, Anita, sampai dua gigi depannya rontok karena berebut kaset.

Empat puluh tahun lalu itu, keduanya masih sama-sama remaja. Penyulut pertengkar­an adalah album Natal John Lennon bertajuk Happy Xmas ( War is Over).

Kejahatan itu terbongkar tidak sengaja. Yakni, ketika Patrick tengah diselidiki polisi terkait dengan kasus lain yang tidak berhubunga­n. Polisi tak menyebutka­n kasus apa itu.

”Terdakwa diperiksa pada Februari 2012 dan mengaku telah memukul saudara perempuann­ya dan mengakibat­kan luka,” kata jaksa Jon Gregg.

Gara-gara pukulan Patrick itu, Anita harus memakai pelindung gigi sampai sekarang. Namun, tak seorang pun tahu insiden tersebut kecuali dua orang itu dan ibu mereka.

Mungkin tiga orang tersebut beranggapa­n, itu hanya pertengkar­an lumrah antardua saudara. Jadi, tak perlu ada yang diributkan, apalagi sampai lapor ke polisi.

Namun, hukum adalah hukum. Jadi, harus tetap ditegakkan, untuk kejahatan sekelas yang dilakukan Patrick sekalipun. Tapi, sekali lagi, itu di Inggris. Bisa diterapkan di sini? Woooiii bangun, Anda pasti tengah bermimpi…. (c10/ttg)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia