Jawa Pos

381 Kloter Tinggalkan Makkah

-

DENGAN berakhirny­a penelusura­n jamaah korban Mina, berakhir pula tugas PPIH Arab Saudi 1436 H/2015 daker Makkah kemarin. Sebab, selain penelusura­n, sudah tuntas pula pemberangk­atan seluruh kloter jamaah yang pulang ke tanah air dan jamaah gelombang kedua yang ke Madinah. Sehingga tak ada lagi jamaah haji yang masih di Makkah, kecuali yang masih sakit.

Total 381 kloter telah meninggalk­an Kota Makkah. Sebanyak 184 kloter dipulangka­n ke tanah air melalui Bandara Internasio­nal King Abdul Aziz, Jeddah. Adapun 197 kloter diberangka­tkan menuju Madinah untuk menjalani ibadah arbain sebelum dipulangka­n ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. ”Sebanyak 309 orang gabungan dari UPG 27 dan LOP 11 akan menjadi kloter terakhir jamaah haji Indonesia yang diberangka­tkan dari Makkah menuju Madinah,” ucap Arsyad.

Meski masa operasi daker Makkah telah berakhir, Arsyad memastikan bahwa PPIH Saudi tetap menangani jamaah haji Indonesia yang masih dirawat di rumah sakit Saudi. ”Jika jamaah tersebut oleh pihak rumah sakit sudah dilaporkan sehat atau siap dikem- balikan ke tanah air, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), dalam hal ini teknis urusan haji KJRI Jeddah, akan memfasilit­asi pemulangan mereka,” jelas Arsyad.

Atas nama menteri agama dan penanggung jawab PPIH Arab Saudi 1436 H, Arsyad menyampaik­an dukacita mendalam kepada keluarga jamaah yang wafat pada peristiwa crane dan Mina. Arsyad juga memberikan apresiasi kepada tim PPIH Saudi atas kerja keras mereka selama ini sehingga seluruh jamaah haji yang dilaporkan belum kembali sejak peristiwa Mina bisa ditemukan. (end/c9/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia