Jawa Pos

BCL yang Jago Masak

-

SURABAYA – Mereka menamai kelompokny­a BCL. Tapi, jangan salah mengira itu adalah kumpulan fans artis Bunga Citra Lestari. Para perempuan tersebut tergabung dalam komunitas Baking n Cooking with Love. ’’Kalau disingkat, ya jadi BCL,’’ kata sang founder, Fransisca Yunisha.

BCL dibentuk 6 Maret lalu di Jakarta. Anggota terus bertambah hingga dari luar ibu kota. Berawal dari diskusi di grup WhatsApp yang diikuti 60 orang, kemudian pindah ke fanpage Facebook, member saat ini mencapai 13.500 orang.

Untuk mewadahi anggota di daerah, BCL memiliki koordinato­r wilayah. Di Jawa Timur, yang memegang kendali adalah Vonny Ambar. Memiliki basic masak dari keluarga ayahnya, ibu tiga anak itu tertarik untuk mengembang­kan dan berbagi ilmu dengan member BCL. ’’Awal bergabung karena diajak Madam Sisca,’’ kata Vonny merujuk kepada Fransisca.

BCL Jawa Timur baru sebulan dibentuk. Kemarin mereka melakukan kopi darat. Para member diwajibkan membawa masakan andalan. Jangan disangka mereka adalah para juru masak andal. Rata-rata member BCL adalah ibu rumah tangga yang baru belajar memasak. Di dunia maya, mereka berbagi resep yang ditemukan.

’’Mau cari resep apa pun, ada di BCL. Ibu-ibu bisa mempraktik­kan untuk keluarga,’’ ujar Fransisca.

Komunitas itu tidak hanya belajar menyulap bahan makanan menjadi menu yang lezat. Mereka juga berbagi tip mengolah makanan bergizi. Vonny mencontohk­an si kecil yang doyan makan sayur. ’’Sayur bisa enak menurut anak tergantung yang masak,’’ katanya.

Mereka yang melirik bisnis kuliner pun mendapat wadah. Beberapa kali komunitas tersebut mengadakan pertemuan untuk membahas bisnis. ’’Untuk latihan masak bersama, tak jarang kami mengundang chef profesiona­l,’’ kata Fransisca.

Menjadi anggota BCL juga harus mau dikritik untuk masakannya. Jika masakan tak enak, anggota lain siap memberikan masukan. Tujuannya tentu positif. Agar mereka memperbaik­i resep masakannya. (lyn/c5/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia