Jawa Pos

Bosan Disangka Batik Murah

Bawa Batik Pamekasan Kelas Premium

-

SURABAYA – Menghapus image sebagai batik murah. Itulah misi Komunitas Batik Jawa Ti mur di Surabaya ( Kibas) membawa batik- batik Pamekasan kelas premium di Galeri House of Sampoerna.

’’Biar semakin banyak orang yang tahu bahwa Pamekasan juga punya batik yang mahal, bagus, dan berkualita­s,’’ kata Lintu Tulistyant­oro, ketua Kibas, sambil menunjukka­n kain-kain berharga rata-rata Rp 6 juta per lembar itu.

Menurut Lintu, dalam pendapat awam, batik Madura kerap dilekatkan sebagai batik yang kurang wah. Harganya pun ada di bawah batik daerah lain. ’’Nah, kalau sudah lihat ini, pasti tahu penda- patnya salah,’’ imbuhnya tentang pameran yang berlangsun­g hingga 29 Oktober itu.

Batik tersebut mahal karena bahannya dari kain pilihan. Selain itu, ditulis dengan motif yang rumit dan indah dengan penggarapa­n detail. Lintu menjelaska­n, Batik Pamekasan berhubunga­n erat dengan kebudayaan setempat. Khususnya saat upacara pernikahan.

Salah satunya, ritual bernama Son Son yang dilakukan menjelang Saat itu dilakukan spa batik ( perawatan batik). ’’ Makna di balik prosesi ini adalah perjalanan hidup mempelai harum, seharum kain batik itu,’’ jelasnya.

Lintu menambahka­n, perkembang­an industri batik secara nasional memberikan pengaruh signifikan bagi batik Pamekasan, baik dalam pewarnaan maupun motif. Misalnya, beberapa tahun terakhir, terdapat kelompok masyarakat yang mengadopsi teknik dan pola Hokokai, yaitu teknik pengerjaan halus dan pewarnaan yang bervariasi. ’’Dari situ muncul istilah Hokosan, atau kepanjanga­nnya Hokokai Pamekasan,’’ terangnya.

Beberapa pengunjung pameran mengungkap­kan, batik Pamekasan itu unik. Misalnya, Reni Ningtyas yang merasa begitu tertarik dengan warna-warna pada batik yang berani. Jarang dia melihat ada kombinasi warna seperti itu dalam sebuah motif batik. ’’Warnanya keluar pakem. Ada oranye, hijau menyala, ungu, dan kuning,’’ ujarnya. (rid/c23/ayi)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? WARNA TERANG: Batik-batik dari Pamekasan dengan harga jutaan rupiah ini dipamerkan di Galeri House of Sampoerna hingga 29 Oktober mendatang.
mantenan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS WARNA TERANG: Batik-batik dari Pamekasan dengan harga jutaan rupiah ini dipamerkan di Galeri House of Sampoerna hingga 29 Oktober mendatang. mantenan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia