Jawa Pos

UPN Kukuhkan 2.652 Mahasiswa Baru

-

– Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) baru, jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim terbilang banyak. Khusus jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN), diikuti 22 ribu peserta.

Secara keseluruha­n, PTN tersebut menerima 2.608 mahasiswa baru ( maba) S- 1. Kemarin ( 22/ 8) seluruh maba tersebut menjalani pengukuhan yang dipimpin langsung oleh Rektor UPN Veteran Jatim Prof Teguh Soedarto. Selain S- 1, terdapat 44 maba S- 2 yang juga dikukuhkan pada waktu yang sama. Dengan begitu, total ada 2.652 maba yang dikukuhkan.

Wakil Rektor 1 UPN Veteran Jatim Ramdan Hidayat menyatakan, jumlah maba yang diterima tahun ini meningkat. ’’ Tahun sebelumnya ada 2.350 maba yang dikukuhkan,’’ ujarnya.

Fakultas teknologi industri (FTI) menjadi terfavorit dengan jumlah maba terbanyak. Yakni, 741 mahasiswa. Selanjutny­a, 592 maba berkuliah di fakultas ekonomi dan bisnis (FEB). ’’Fakultas pertanian juga mengalami peningkata­n. Yakni, ada 354 maba yang tercatat tahun ini,’’ jelas Ramdan.

Pengukuhan tersebut dilakukan setelah para maba menjalani serangkaia­n kegiatan orientasi pengenalan kampus. Teguh mengajak seluruh maba untuk mengucap janji mahasiswa. Dalam janji tersebut, maba diminta menanamkan kedisiplin­an serta taat pada aturan dan rasa nasionalis­me. ’’Mahasiswa wajib menanamkan nilai-nilai perjuangan agar tidak lupa akan para pejuang sebelum kita,’’ jelasnya.

Teguh berharap maba bisa menjadi lulusan yang berkarakte­r. Artinya, mereka mampu mengamalka­n nilai-nilai nasionalis­me. Sebab, selama masa perkuliaha­n, ada pendidikan bela negara. ’’Saya yakin mereka memiliki karakter yang kuat setelah dibekali nilai-nilai tersebut serta menjadi lulusan terbaik,’’ paparnya. (ara/c15/ai)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? RESMI JADI MAHASISWA: Sebanyak 2.652 maba UPN menjalani pengukuhan kemarin. Jumlah maba yang diterima tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya.
ANGGER BONDAN/JAWA POS RESMI JADI MAHASISWA: Sebanyak 2.652 maba UPN menjalani pengukuhan kemarin. Jumlah maba yang diterima tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia