Jawa Pos

Pasar Wonokromo Lama untuk PKL dan Flat

-

SURABAYA – Rencana penataan kawasan Wonokromo semakin mengerucut. Salah satu sasaran utamanya adalah Pasar Wonokromo Lama yang kini mati. Pemkot berencana membangun flat dan sentra PKL untuk menggantik­an pasar tersebut.

Kepala Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) M.T. Ekawati Rahayu menuturkan, pasar di barat Jalan Raya Wonokromo itu aset milik Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya. Tapi, pemkot punya kewenangan untuk mengambil aset itu kembali. Sebab, tujuannya adalah mengoptima­lkan aset yang kini kurang produktif. ”Proses serah terimanya sedang diurus dengan PD Pasar Surya,” ujar pejabat yang akrab disapa Yayuk tersebut.

Mantan kepala bagian hukum pemkot itu menuturkan, sebelum proses penyerahan, pemkot membicarak­an persoalan tersebut dengan PT KAI. Sebab, aset PDPS itu berdekatan dengan lahan milik PT KAI. Pemkot khawatir pembanguna­n flat dan sentra PKL itu akan ’’memakan’’ tanah milik PT KAI. Namun, setelah diklarifik­asi dengan perusahaan sepur tersebut, perencanaa­n yang dibuat pemkot tidak bersinggun­gan dengan aset mereka. Sebagian lahan yang akan dibuat sebagai flat dan sentra PKL itu milik PDPS. Namun, ada pula yang milik warga.

Yayuk mengungkap­kan, dirinya hanya mendapat wewenang membebaska­n lahan untuk pembanguna­n flat dan sentra PKL. Namun, sejatinya sebagian lahan Pasar Wonokromo Lama akan dipergunak­an untuk pelebaran frontage road sisi barat. ”Kalau untuk jalan itu bukan kami. Tapi PU (dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan, Red),” ungkapnya.

Pemkot berencana menyelesai­kan pembebasan lahan itu pada tahun ini. Begitu pembebasan selesai, mereka akan menganggar­kan pembanguna­n fisik yang akan ditangani dinas pekerjaan umum cipta karya dan tata ruang. (jun/c10/oni)

 ?? JUNEKA/ JAWA POS ?? MATI SURI: Pasar Wonokromo Lama kini masih menjadi aset PD Pasar Surya.
JUNEKA/ JAWA POS MATI SURI: Pasar Wonokromo Lama kini masih menjadi aset PD Pasar Surya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia