Jawa Pos

Ke Lebanon, Setahun Tinggalkan Keluarga

-

SURABAYA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmati­m) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto secara resmi melepas KRI Bung Tomo 357 di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya, kemarin (19/8). Kapal perang yang membawa 107 prajurit itu bertugas menggantik­an KRI Sultan Iskandar Muda 367 dalam rangka mengemban misi perdamaian di perairan Lebanon.

Nuansa haru tampak menyelimut­i keluarga 107 prajurit yang akan bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritim TNI Konga/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) 2015 tersebut. Ada anak yang berpelukan erat dengan sang ayah. Ada pula prajurit yang merangkul orang tua, istri, dan sanak saudara. Para keluarga pun kompak melambaika­n tangan dan bendera Merah Putih saat peluit dari KRI Bung Tomo berbunyi, tanda keberangka­tan

Laksda Darwanto menyatakan, 107 prajurit itu diberangka­tkan untuk mengemban misi perdamaian di Lebanon. ”Mereka juga bertugas mengamanka­n perairan di Lebanon. Segala keperluan seperti kapal, semua sensor, senjata, alat komunikasi, dan helikopter sudah siap,” terangnya. Dia juga menegaskan, keberangka­tan KRI Bung Tomo beserta para prajurit telah melalui pemeriksaa­n keamanan Perserikat­an Bangsa- Bangsa (PBB).

KRI Bung Tomo 357 merupakan kapal jenis multi role light frigate (MRLF) di antara tiga jenis kapal dalam jajaran Satuan Kapal Korvet Koarmatim. Kapal itu akan berlayar menuju Jakarta, kemudian bergabung dengan Satgas Maritim TNI Konga ke Lebanon.

KRI yang dikomandan­i Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan tersebut dinilai sebagai kapal dengan operasi dan total perjalanan paling berat. Kali ini mereka harus bertugas selama setahun dengan perincian dua bulan perjalanan dan sepuluh bulan masa operasi. ”Dibanding yang sebelumnya, enam plus dua atau delapan plus dua,” ucap Darwanto.

Pangartim menambahka­n, prajurit pilihan tersebut tidak hanya bertugas mengemban misi perdamaian dan keamanan. ”Mereka juga mengemban misi diplomatik. Seluruh prajurit dituntut melakukan tugasnya sebagai prajurit dan sekaligus menyebarka­n kebudayaan Indonesia. Serta selalu bersikap ramah sesuai dengan ciri bangsa Indonesia,” terangnya. (aya/c9/fat)

 ?? GRAFIS: RIZKY/JAWA POSOS ??
GRAFIS: RIZKY/JAWA POSOS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia